blank
Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah gelar FGD “Optimalisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Kantor Sekretariat MPD”. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aduan pelanggaran pelaksanaan jabatan dan perilaku notaris, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar Forum Group Discussion (FGD) “Optimalisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat melalui Kantor Sekretariat MPD” Selasa (20/6/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di Griya Persada Convention Center ini dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukuk dan HAM yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Agustinus Yosi Setiawan didampingi Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum, Widya Pratiwi Asmara.

Yosi menegaskan, anggota Majelis Pengawas Notaris mengemban amanah untuk menjaga martabat perilaku dan profesionalitas notaris agar setiap warga masyarakat pengguna jasa notaris memperoleh kepastian hukum.

“Kanwil Kemenkumham Jateng menggagas penyelenggaraan FGD ini sebagai upaya pendalaman tata cara pemeriksaan dan pertukaran pengalaman antar Majelis Pengawas Daerah (MPD) dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris di wilayah kerjanya,” ujar Yosi.

“Kami harap FGD ini dapat meningkatkan pemahaman anggota dan Sekretaris MPD notaris dalam melakukan penanganan pengaduan masyarakat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan,” sambungnya.

Kasubbid Pelayanan AHU, Widya menambahkan, untuk mengoptimalkan penanganan pengaduan masyarakat melalui Sekretariat MPD, maka harus dilakukan dengan menyamakan persepsi dan pola penanganan pengaduan pada seluruh MPD notaris di Provinsi Jawa Tengah.

“Kanwil terus mendorong MPD notaris khususnya sekretaris dan staf sekretariat untuk memahami tugas dan fungsinya secara utuh sesuai dengan UU jabatan notaris serta Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang Tata Cara Pemeriksaan Majelis Pengawas terhadap notaris, dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang Tata Cara Penjatuhan Sanksi Administratif terhadap Notaris,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh ketua serta anggota MPD notaris di Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait kendala yang dialami anggota MPD notaris.

Ning S