blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga di Vihara Buddhagaya Watugong, Kota Semarang. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut HUT Bhayangkara ke-77, Polda Jateng melaksanakan sejumlah kegiatan bakti sosial dan bantuan sosial di seluruh jajaran Polda Jateng.

Di Kota Semarang sendiri Polda Jateng membagikan bantuan di Vihara Buddhagaya Watugong dan Klenteng Sam Poo Kong.

Kegiatan tersebut digelar serentak di 34 Polda di Indonesia dengan melakukan video conferences bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di Kota Semarang dipusatkan di Vihara Buddhagaya Watugong yang dihadiri Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, jajaran Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga.

“Bakti sosial ini diadakan di 165 titik tersebar di seluruh Polres dengan menyiapkan 15 ribu paket sembako,” kata Luthfi di Vihara Buddhagaya Watugong, Senin (19/6/2023).

Menurut Luthfi, ada 500 paket sembako yang dibagikan di Vihara Buddhagaya Watugong. Sedangkan di Klenteng Sam Poo Kong, pihaknya membagikan 1.000 paket sembako.

Tak hanya pemberian paket sembako, Polda Jateng juga melakukan bedah rumah untuk 27 masyarakat dan 4 untuk anggota Polri, serta membangun sumur untuk kebutuhan air bersih di wilayah yang kekurangan air bersih. “Kami berharap kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat luas, sehingga Polri selalu dicintai oleh masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Polda Jateng dan seluruh jajarannya juga melakukan bersih-bersih tempat ibadah. Kegiatan ini dilakukan sebagai contoh nyata harmoni antaragama dan semangat gotong-royong dalam masyarakat yang beragam.

“Kita cat masjid ada 77 masjid, 44 gereja, 2 vihara, klenteng dan lainnya. Jadi secara bersama-sama anggota kita terus bersinergi di tempat-tempat ibadah,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, total bansos yang disalurkan ke seluruh Indonesia ada 322.065 paket sembako. Ada juga perbaikan dan pemeliharaan rumah ibadah, total ada 2.170 rumah ibadah, dan 269 rumah dilakukan perbaikan serta pembangunan 70 fasilitas air bersih.

“Dengan kegiatan yang dilaksanakan hari ini bagaimana Polri bisa betul-betul bisa hadir ditengah-tengah masyarakat dan bisa merasakan penderitaan apa yang dihadapi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Kapolri, kegiatan ini juga menjadi bagian upaya Polri dalam menjaga dan merawat keberagamaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kapolri juga menekankan untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilu.

“Kegiatan baksos dan bantuan sosial ini jadi salah satu untuk meredam tensi pemilik atau Cooling System. Selain dekat dengan masyarakat, sinergitas TNI-Polri menjadi prasarat utama. Dan saya ingatkan kepada seluruh rekan-rekan baik di pusat dan daerah apa yang menjadi kebijakan Presiden terus dijaga, dan diperkuat, sehingga pelaksanaan Pemilu akan berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.

Ning S