Dalam acara perayaan genap 12 tahun berdirinya SMP Negeri 4 Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan dimeriahkan dengan beragam hiburan.(Dok.SMP Negeri 4 Karangtengah Wonogiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Perayaan genap 12 tahun berdirinya Satuan Pendidikan SMP Negeri 4 Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Senin (19/6), digelar dengan dimeriahkan beragam kegiatan.

Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 4 Karangtengah, Joko Pramono SE, MPd, menyatakan, peringatan kali ini mengambil tema ”’Dengan semangat ke-Bhineka-an kita wujudkan karakter pelajar Pancasila menuju generasi emas.”

Dilaporkan, sekolah mengalami perkembangan yang cukup baik. Itu ditandai dengan peningkatan kemampuan literasi naik 2,75 persen, kemampuan numerasi naik 12,5 persen, kualitas pembelajaran naik 1,89 persen. Iklim ke-Bhineka-an naik 16,33 persen, keamanan sekolah naik 4,53 persen, karakter naik 1,98 persen.

”Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Wonogiri, utamanya kepada Bapak Bupati Joko Sutopo, yang telah memberikan perhatiannya kepada SMP Negeri 4 Karangtengah,” ujar Kasek Joko Pramono.

Meski sekolahnya terletak di wilayah pegunungan ‘Negeri atas awan’ ujung tenggara Wonogiri, mendapatkan bantuan pengelolaan pendidikan melalui DAK Tahun 2023. Yakni bantuan rehabilitasi ruang kelas dan pembangunan ruang laboratorium komputer, dengan nilai Rp 1,3 miliar lebih.

Karya P5

Pada perayaan Ke-12 Tahun 2023, sekolah berbagi kebahagiaan kepada masyarakat, berupa hasil panen karya P5 (Projek Penguatan Profil Pancasila) dari tema kewirausahaan, berupa pembibitan tanaman sayuran lombok dan terong. ”Sekolah membagikan benih lombok dan terong kepada masyarakat,” kata Kasek Joko Pramono. Juga kepada para siswa Sekolah Dasar di Karangtengah, yaitu SD Negeri 1, 2, 3 dan 4 Jeblokan.

Bersama itu, juga menggelar beragam lomba olahraga, seni, dan keagamaan. Ini dilakukan, dalam rangka menjaring bakat siswa SD di Kecamatan Karangtengah. Kepada para peraih gelar juara, diberikan penghargaan berupa uang pembinaan, sertifikat dan piala.

Sekolah juga menyediakan panggung hiburan untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat, yang diisi dengan tari-tarian dan demo seni bela diri, hasil bimbingan guru melalui kegiatan ekstrakurikuler. Juga disajikan music collaboration siswa bersama para seniman di Kecamatan Karangtengah.

Gelar perayaan genap 12 SMP Negeri 4 Karangtengah, Wonogiri, ini dihadiri para pejabat dari tingkat Kecamatan dan Pemerintah Desa, Pengawas Pendidikan dari Dikbud Wonogiri, para Kasek dan guru dari SD, Komite Sekolah, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Juga dari mitra sekolah dari Kecamatan Baturetno dan Giriwoyo, serta Devisi Marketing CV Surya Grafika Mandiri.

Bagi siswa Kelas 9 yang lulus, diharapkan dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA/SMK. Kemudian sekolah siap merekrut para lulusan SD untuk belajar di SMP Negeri 4 Karangtengah.
Bambang Pur