blank
Mahasiswa Fakultas Psikologi USM melakukan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) ke Lapas IIA Magelang pada 16 Juni 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 62 mahasiswa Fakultas Psikologi USM melakukan Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) ke Lapas IIA Magelang pada 16 Juni 2023. Mereka didampingi 3 dosen, Anna Dian Savitri, Retno Ristiasih Utami dan Martha Kurnia Asih dan 2 tenaga kependidikan.

Rombongan diterima Plt. Kepala Lapas IIA Magelang, Kusbiyantoro Bc.IP., S.H., M.H. beserta jajarannya.

Menurut Dian Savitri, tujuan KKL agar mahasiswa mendapatkan wawasan tentang pembinaan yang dilakukan di Lapas dan menghilangkan kesan mengerikan di dalam Lapas.

”Begitu masuk ke dalam Lapas, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan diajak berkeliling untuk melihat kegiatan yang ada di Lapas,” katanya.

Dia berharap, melalui KKL ini bisa menambah wawasan mahasiswa untuk melihat lebih dekat kehidupan warga binaan di Lapas. Selain itu juga sebagai aplikasi dari pembelajaran Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Forensik dan juga Patologi Rehabilitasi Sosial.

”Dengan diajak turun langsung ke lapangan, kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang tidak hanya belajar di dalam ruang kelas saja,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kusbiyantoro mengatakan, pembinaan yang dilakukan di lapas ada 3 bagian yaitu pembinaan kemandirian, kepribadian dan kerohanian.

”Para warga binaan diberikan pelatihan pelatihan untuk mengembangkan bakat dan minat mereka serta diberikan kegiatan pembinaan jasmani, kesehatan dan juga kegiatan keagamaan,” ujarnya.

Dia berharap, mahasiswa dapat melihat kehidupan di Lapas juga humanis, kreatif dan inovatif untuk menjadikan warga binaan menjadi individu yang lebih baik.

Muhaimin