blank
Pembukaan kejuaran tenis meja internasional, Smash On Drugs (SOD) International Table Tennis Championship 2023. Foto: Dok/BNN

BALI (SUARABARU.ID) – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI kembali menggelar kejuaran tenis meja Internasional, Smash On Drugs (SOD) International Table Tennis Championship 2023, di Auditorium Widya Sabha, Universitas Udayana, Badung, Bali, yang berlangsung pada 17 hingga 21 Juni 2023.

Kejuaraan tenis meja Internasional ini dibuka oleh Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Pejabat Tinggi Madya dan Pratama BNN RI, serta dihadiri Rektor Universitas Udayana dan para tamu undangan lainnya.

SOD International Table Tennis Championship 2023 yang diselenggarakan dalam rangkaian jelang peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 pada 26 Juni mendatang ini mengambil tema “Melalui Olahraga Tenis Meja Kita Gelorakan Perang Melawan Narkoba demi Indonesia Bersinar”.

Disebutkan, dalam kejuaran tenis meja Internasional 2023 ini diikuti oleh 239 kontestan yang terdiri dari 182 atlet Indonesia dan 57 atlet internasional. Peserta internasional berasal dari 12 negara, yaitu Malaysia, Cina, Thailand, Chinese Taipei, Luxembourg, India, Jepang, Makau China , Singapura, Jerman, Filipina, dan Korea Selatan.

“Para atlet akan bertanding dalam empat kategori, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri, untuk memperebutkan hadiah total sebesar 40.000 USD,” ungkap Petrus, Sabtu (17/6/2023).

Menurutnya, gelaran SOD yang menjadi salah satu kegiatan rutin BNN RI dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) merupakan implementasi pendekatan soft power sebagai strategi BNN RI dalam perang melawan narkoba, War On Drugs.

“BNN RI meyakini bahwa olahraga dapat memberikan banyak manfaat. Bukan hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membentuk karakter yang kuat, penuh percaya diri, serta sportivitas yang tinggi. Karakter seperti itulah yang dibutuhkan dalam membentuk ketahanan diri dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika,” terangnya.

BNN RI berharap, SOD International Table Tennis Championship 2023 ini dapat menggelorakan semangat War On Drugs hingga pada level internasional, sehingga lebih banyak aksi dan sinergi dalam P4GN yang dapat dilakukan bersama.

Ning S