blank
Final pemilihan duta Bahasa Jawa Tengah. Foto: Dok/BBPJT

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jateng, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menggelar Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, pada Jumat-Minggu (9-11 Juni 2023), di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., mengatakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sebagai UPT Kemendikbudristek, mempunyai tiga program prioritas, yaitu penginternasionalan bahasa Indonesia, pelindungan bahasa daerah, dan literasi. Untuk mencapai program prioritas tersebut, ada tiga strategi yang dilakukan, yaitu fokus, kemitraan, dan keberlanjutan.

“Duta bahasa sebagai mitra kami menjalankan program tersebut harus fokus, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan duta daerah lainnya, demi mencapai sasaran penutur bahasa di masing-masing kabupaten/kota, terutama generasi muda,” kata Syarifuddin saat penutupan Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 di Bandungan pada Minggu (11/6/2023).

Setelah terpilih nanti, lanjut Syarifuddin, seluruh finalis akan tergabung dalam Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah (Ikadubas) yang akan menjalankan beberapa program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah secara berkelanjutan.“Tugas Ikadubas tidak hanya sampai di Pemilihan Duta Bahasa Nasional,” jelasnya.

Menurutnya, Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 yang telah dimulai sejak 19 Februari 2023 hingga 11 Juni 2023.

Kriteria penilaian mencakup implementasi krida, wicara publik, kemampuan berbahasa asing dan daerah, diskusi kelompok terpumpun, penampilan bakat, artikel kebahasaan, konten kebahasaan, serta wawancara mendalam. Finalis yang terpilih akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah
Dian Respati Pranawengtyas menyatakan, Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan mitra Balai Bahasa dalam menggerakkan literasi generasi muda di Jawa Tengah. Siapa pun yang terpilih merupakan yang terbaik dan siap untuk berangkat ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional.

“Saya berharap nantinya finalis dapat bermitra untuk melaksanakan program-program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,” ujar Dian.

Adapun hasil penilaian juri yang beranggota Dr. Syarifuddin, M.Hum, Dian Rahmatika, dan Damasia Linggarjati Novi Parmitasari, terpilih pemenang antara lain,

Pemenang I Putra Tegar Satya Prahara dari Kabupaten Batang

Pemenang I Putri Jovita Anmaria Cahya dari Kota Semarang

Pemenang II Putra M.Yusup Febrian dari Kabupaten Brebes

Pemenang II Putri Amri ‘Inayah dari Kabupaten Kebumen

Pemenang III Putra Ardhi Nur Ikhsan dari Kabupaten Pekalongan

Pemenang III Putri Mustika Maharani Alamsyah dari Kota Semarang

Pemenang Favorit Putra Afrizal Adi Prayoga dari Kabupaten Sukoharjo

Pemenang Favorit Putri Dwiana Nur Rizki Hanifah dari Kabupaten Banyumas

Ning S