blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka membekali keterampilan di bidang pengamalan agama, siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan pada hari Senin, 12 Juni 2023 melaksanakan program Praktikum Ibadah, Praktek Pemotongan Hewan Qurban dan Aqiqah. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin untuk kelas XI MA NU Nahdlatul Fata sebelum penerimaan raport.

Sebelum praktek pemotongan hewan qurban dan aqiqah, KH. Moh. Rusydi, guru MA NU Nahdlatul Fata menyampaikan pembekalan teoritis tentang syarat, rukun serta hal-hal yang harus dihindari saat pemotongan hewan qurban atau aqiqah.

blank
Kepala MA NU Nafa, H. Nur Khandir sampaikan sambutan

H. Nur Khandir, Kepala MA NU Nahdlatul Fata berharap melalui kegiatan praktikum Ibadah ini diharapkan siswa-siswa memiliki keterampilan di bidang pemotongan hewan qurban secara syar’i.

“Hari ini kalian akan praktek langsung bagaimana cara menyembelih hewan sesuai syariat. Kalau selama ini kalian hanya tahu teorinya saja, hari ini dapat praktek langsung cara menyembelih hewan secara syariat. Madrasah telah menyiapkan 2 kambing, 2 ayam, dan 2 itik. Diharapkan kalian dapat memiliki keterampilan menyembelih hewan sesuai syariat Islam,” paparnya.

blank
KH. Moh. Rusydi praktekkan cara menyembelih ayam

Kegiatan praktikum Ibadah ini merupakan rangkaian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. ” Siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata kami bekali beberapa keterampilan keagamaan, di antaranya Praktek Pemotongan Hewan, Praktek Pemulasaraan jenazah, praktek aqdun nikah, praktek jamak qoshor, dan ijazah manakib,” ungkap Ulil Absor, Waka. Kesiswaan.

Roziq Maulana Rosyadi yang diberi kesempatan untuk praktek menyembelih kambing merasa bangga dan lega karena dapat melaksanakan tugas dengan baik. ” Alhamdulillah, saya mendapat pengalaman berharga menyembelih kambing. Awalnya saya nervous, tapi setelah diyakinkan pak KH. Rusydi akhirnya saya punya keberanian,” tutur Roziq.

Pengalaman yang sama dialami Yazid dan Ridlwan yang mendapat tugas untuk menyembelih ayam dan bebek.

Hadepe – Sub