blank
PERESMIAN - Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid mencoba papan catur peraga saat peresmian Sekretariat Satya Catur Indonesia (SCI). (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid meresmikan Sekretariat Satya Catur Indonesia (SCI) Kota Pekalongan Jl Patriot Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Minggu (11/6/2023).

Menurut Wali Kota Aaf, sapaan akrabnya adanya Sekretariat SCI ini termasuk kejutan. Dengan adanya Sekretariat baru ini harapannya Klub SCI terua fokus melakukan pembinaan atlet terutama usia SD. “Saya pesan pada mereka untuk terbuka baik yang formal maupun nonformal. Catur adalah olahraga yang tidak memandang usia dan status, semua bisa, mau orang gemuk, kurus, orang tua, anak muda bisa semua bisa,” terang Aaf.

Menurut Aaf olahraga catur ini sebetulnya sangat diminati masyarakat dan sekarang sudah sampai event dunia. Sekelas Grand Master secara ekonomi menjanjikan, ada beberapa Grand Master catur Indonesia yang sangat sejahtera. “Harapannya KONI juga terus tetap sinergi dengan Percasi. Mudah-mudahan ada atlet Kota Pekalongan Cabor Catur, di sini ada tempat berlatih, calon atlet bisa bersiap berlatih secara manual maupun IT. Semoga Cabor Catur Kota Pekalongan ke depannya lebih baik lagi dan berprestasi. Para atlet muda muncul dan menjadi atlet andalan di Kota Pekalongan,” jelas Aaf.

Sementara itu, Rangga Setya Nugraha, Ketua SCI Kota Pekalongan menceritakan awal mula adanya sekretariat ini pihaknya berkumpul dengan klub besar catur, kurangnya wadah atlet catur junior untuk berlatih membuat SCI bertekad membantu pemerintah khususnya di KONI untuk memfasilitasi atlet junior sehingga ke depannya bisa lanjut ke jenjang serius.

“Untuk klub ini sudah ada 10 atlet, tiap Minggu kami adakan latihan rutin mulai pukul 1.00-16.00. Untuk konsumsi dan fasilitas latihan disediakan di sini. Para atlet disediakan makanan berat, makanan ringan, dan minuman. Ruangan untuk berlatih juga nyaman dan ber-AC,” beber Rangga.

Bagi yang mau daftar juga bisa dengan syarat pelajar dari SD – SMP dengan cara datang langsung ke Sekretariat SCI Kota Pekalongan atau bisa menghubungi 085643200919.

Nur Muktiadi