Purwanto, Ketua Fraksi Partai Gerindra.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jepara Purwanto bertekad meramaikan gawe pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jepara tahun 2024. Tak tanggung -tanggung, anggota dewan tiga periode ini mengincar kursi Bupati Jepara.

Purwanto mengatakan niatnya maju Pilkada Jepara 2024 karena didasari sejumlah pertimbangan. Selain dorongan dari berbagai kalangan, ia juga punya visi untuk membawa Jepara ke arah yang lebih baik.

Selama tiga periode menjadi wakil rakyat, ia bertemu dengan berbagai lapisan masyarakat sekaligus menyerap persoalan dan harapan mereka.

Menurutnya, Jepara memiliki sumber daya yang sangat besar, baik dari segi SDM, kekayaan alam, demografi hingga potensi industri yang besar serta kearifan lokal yang terjaga dengan baik.

“Berbagai keunggulan itu jika dikelola dengan maksimal maka kembalinya ke masyarakat Jepara. Makanya Jepara perlu pemimpin yang punya visi misi yang mumpuni. Berbagai bekal selama beraktivitas bersama elemen masyarakat selama tiga periode itu saya jadikan dasar untuk membangun Jepara yang lebih baik,” kata Bendahara DPC Partai Gerindra Jepara ini, Jumat (9/6/2023).

Purwanto juga punya perhatian khusus dengan dunia pertanian. Menurut Ketua HKTI Jepara ini potensi bidang pertanian di Kota Ukir juga besar. Jika dikelola maksimal maka akan mampu berkontribusi menyokong progam ketahanan pangan yang memang digencarkan pemerintah pusat.

“Pertanian butuh air. Kita bisa perbanyak embung-embung agar pertanian di Jepara bisa tiga kali musim tanam. Dari hulu ke hilir ditata sehingga pertanian bisa jadi sektor unggulan di Jepara,” jelasnya.

Saat ini, Gerindra memiliki 5 kursi DPRD Jepara.

Pihaknya berharap pada Pileg yang digelar 14 Februari 2024, perolehan kursi DPRD Fraksi Gerindra Jepara melonjak hingga 100 persen. Atau 10 kursi DPRD Jepara.

Jika hal itu tercapai, maka saat Pilkada Jepara yang digelar 27 November 2024, Gerindra bisa maju sendiri.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan penjajakan kerjasama dengan berbagai partai yang ada di Jepara. Baik parpol besar maupun kecil.

“Semisal koalisi Gerindra dengan PKB yang sudah berjalan di tingkat pusat, bisa jadi juga diterapkan di Jepara. Kita lihat saja nanti seperti apa,” jelasnya.

Soal siapa calon pendamping, Purwanto sudah mengincar sejumlah nama. Namun hal itu juga tergantung dengan parpol lain yang menjadi mitra koalisi.

“Ada birokrat, politisi, pengusaha dan lainnya. Siapa yang dipilih, mohon sabar dulu,” tandasnya.

ua