blank
Driver Ojol Dedi Dwi Prasetyo, pada setiap Hari Jumat selalu menggratiskan tarip Ojol-nya pada semua konsumen. Itu telah dilakukan sejak Tahun 2018.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Driver Ojek Online (Ojol) jumlahnya banyak. Tapi Driver Ojol Dedi Dwi Prasetyo, terhitung istimewa. Sebab, pria asal Desa Sugihan, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, ini selalu membebaskan tarip layanan Ojol-nya pada setiap Hari Jumat.

Toko masyarakat Wonogiri Timur, Tarmin, mengabarkan, setiap hari Jumat, Dedi menggratiskan layanan Ojol bagi para konsumennya. ”Tindakannya ini, menunjukkan hal yang mulia dan mencerminkan semangat berbagi,” puji Tarmin.

Dedi Dwi Prasetyo, lahir di Wonogiri Tanggal 26 Desember 1988 dan telah bergabung dengan industri pelayanan jasa Ojol sejak Tahun 2017. Motivasi Dedi memberikan layanan gratis setiap hari Jumat, adalah keinginannya untuk berbuat baik tanpa pamrih.

Baginya, hari Jumat merupakan waktu yang tepat untuk melakukan amal, meskipun amal bisa dilakukan kapan saja. Dengan memberikan layanan gratis, Dedi berharap dapat memberikan manfaat dan membagikan kebahagiaan kepada orang lain.

Secara matematis, tindakannya itu jelas mengurangi pendapatan. Tapi Dedi menyatakan bahwa tidak ada kata rugi dalam bersedekah. Baginya, kebahagiaan dan kepuasan yang ia rasakan ketika membantu orang lain, jauh lebih berharga daripada nilai uang yang diperoleh. Karena dia merasa beruntung telah dapat berbagi dengan orang lain.

Tulus Ikhlas

Rekan-rekan sesama Driver Ojol, jarang yang mengetahui tindakan Dedi memberikan layanan gratis setiap hari Jumat. Sebab, Dedi senantiasa bersikap merendah dan tidak ingin pamer untuk mendapatkan pujian atau pengakuan. Baginya, kebaikan tidak perlu dipamerkan atau diketahui oleh banyak orang. Ia melakukan ini dengan tulus ikhlas dan tanpa pamrih.

Respon dari konsumen yang mengetahui layanan gratis pun juga bervariasi. Ada yang merasa senang dan bersyukur atas tindakan itu, sementara ada juga yang menolak dan tetap ingin memberikan uang sebagai bentuk penghargaan. Menyikapi ini, Dedi dengan bijak harus menjelaskan kepada konsumennya. ”Namun, kadang-kadang ada konsumen yang tetap memaksa memberikan uang sebagai tanda terima kasih,” ujar Dedi.

Menggratiskan layanan Ojol setiap hari Jumat, telah dilakukan Dedi sejak Tahun 2018. Namun, layanan gratis ini hanya berlaku untuk layanan ojek antar penumpang (go ride). Dedi berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan membagikan kebahagiaan kepada masyarakat pada hari yang spesial (Jumat).

Umat Islam memahami Jumat sebagai hari yang memiliki kemuliaan. Hari Jumat merupakan hari terbaik di sisi Allah, sehingga beberapa ibadah tertentu dikhususkan hanya pada hari Jumat. Dalam pandangan Islam, hari Jumat merupakan hari yang dipilih oleh Allah untuk diagungkan.

Tarmin, menyatakan, di tengah sulitnya para driver Ojol mencari penumpang, tindakan Dedi sungguh menginspirasi dan dapat menjadi contoh untuk saling berbagi dan memberikan kebaikan kepada sesama.

Bambang Pur