blank
Ilustrasi Mata Kering. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anda yang nyaris seharian menghabiskan waktu dengan menatap layar gadget, mungkin seringkali merasakan keluhan mata kering. Mata kering yang tidak segera diatasi rupanya berisiko mengganggu fungsi indra penglihatan, lho! Lantas, bagaimana cara mengatasinya, ya?

Penyebab dari mata kering adalah produksi air mata yang menurun atau air mata mudah menguap menyebabkan kurangnya jumlah air mata dan ketidakstabilan ini sehingga mata mulai terasa kering.

Mata kering jadi keluhan paling umum di era teknologi seperti sekarang ini. Jika mata kering dibiarkan dan tidak segera diobati maka kondisi mata yang semula hanya terasa gatal, mengganjal dan mudah lelah akan beralih pada kondisi yang lebih serius seperti luka pada kornea sehingga menimbulkan gejala berupa mata merah, pandangan buram, nyeri, terasa terbakar, dan pandangan silau.

Baca Juga: Tips membersihkan Mata Dari Debu

Dilansir dari Suara.com, Kondisi tersebut sebaiknya harus dihindar. Nah, berikut ini cara mengobati mata kering sekaligus cara mencegahnya agar tidak terjadi berulang:

1. Kompres Hangat pada Kelopak Mata

Saat merasakan gejala mata kering, jangan ragu untuk mengompres mata dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan kapas kosmetik yang sebelumnya telah dicelup ke dalam air hangat. Untuk mencapai hasil yang maksimal, lakukan pengompresan sebanyak 4 kali dalam sehari dengan durasi masing-masing 3 menit.

2. Lebih Sering Berkedip

Cara termudah untuk mencegah mata kering yakni dengan membiasakan diri lebih sering berkedip sewaktu beraktivitas di depan layar gadget. Berkedip sejenak setelah aktivitas menatap layar gadget yang padat dapat menjaga kelembapan mata sehingga mengurangi risiko terkena sindrom mata kering.

Baca Juga: Tips Gerakan Rileksasi Mata

3. Air Mata Buatan (Artificial Tears)

Kalaupun mata terlanjur terasa kering dan mengganjal? Solusinya bisa menggunakan air mata buatan yang tersedia di berbagai apotek, dalam penggunaannya mesti sesuai aturan pakai ya supaya manfaatnya jadi lebih terasa. Umumnya, artificial tears di pasaran dapat digunakan sekitar 4 kali dalam sehari.

4. Sering Mengistirahatkan Mata

Agar tidak mengalami mata kering, kamu mesti mengistirahatkan mata dengan cara memejamkannya sejenak atau melihat objek yang jaraknya sekitar 6 meter atau lebih setiap 20 menit sekali. Cara ini selain melembapkan mata, juga dapat merelaksasikan otot mata yang tegang.

5. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Untuk mencegah mata kering kamu mesti menutrisi mata dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi omega 3 seperti seafood, kacang-kacangan, produk susu, sayur dan telur.

Baca Juga: Tips Merawat Tumit Kaki Agar Tidak Pecah Pecah

6. Terapkan Aturan 3D

Kamu yang aktif menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, mesti banget menerapkan kebiasaan 3D (distance, direction, dan duration), guna menghindari kondisi mata kering.

Distance berarti memperhatikan jarak mata ke gadget agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Direction berarti memperhatikan arah pandang mata pada gadget. Usahakan arah pandang mata lurus ke gadget dan hindari penggunaan gadget dalam posisi berbaring.

Sedangkan duration berarti memperhatikan waktu penggunaan gadget. Untuk menghindari mata kering, sebaiknya kamu mengistirahatkan mata dengan memejamkannya atau melihat objek berjarak jauh setiap dua jam sekali.

Baca Juga: Tips Melatih Otot Mata

7. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

Mata kering tak meluluh hanya disebabkan oleh aktivitas menatap layar komputer, namun juga disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tak sehat seperti lingkungan yang berasap, paparan langsung AC dalam waktu yang lama, dan kondisi kelembapan ruangan yang rendah.

Oleh karena itu, kondisikan lingkungan kerja supaya memiliki kelembapan udara yang cukup baik, tidak terpapar AC secara langsung dan yang bebas dari paparan asap.

Nah itulah tadi tujuh cara mengatasi mata kering, jika menerapkan cara di atas tidak cukup membantu. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis, ya!

Claudia