blank
Calon jamaah haji Kudus saat menjalani latihan manasik terakhir. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jadwal keberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Kudus mengalami perubahan. Sebanyak 1.278 calon jamaah haji dipastikan akan berangkat pada 19 dan 20 Juni 2023 mendatang.

Keberangkatan calon jamaah haji tersebut bergeser dari jadwal sebelumnya yakni pada 18 dan 19 Juni 2023.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Asrul Fatkhi mengatakan, memang ada revisi atau perubahan jadwal keberangkatan calon jamaah haji asal Kudus. Revisi tersebut merupakan kebijakan dari pusat.

“Jadi, nanti akan terbagi dalam dua hari yakni tanggal 19 dan 20 Juni 2023,”kata Asrul yang ditemui di sela-sela kegiatan Latihan manasik haji di Alun-alun Simpang Tujuh, Kamis (8/6).

Asrul mengatakan, calon jamaah haji Kabupaten Kudus akan diberangkatkan dalam lima kloter. Untuk kloter 86, 87, 88, dan kloter 89 akan berangkat pada 19 Juni 2023. Kelima kloter tersebut akan diberangkatkan secara bertahap.

“Mulai kloter 86, direncanakan sampai di asrama haji Donohudan pada pukul 06.00 WIB. Sehingga keberangkatan dari pendapa kabupaten direncanakan pada pukul 03.00 WIB. Dan selanjutnya, secara bertahap akan disusul kloter-kloter berikutnya,”ujarnya.

Sementara untuk kloter 90, akan berangkat pada 20 Juni 2023 akan berangkat pada pukul 09.00 WIB dengan jadwal masuk ke asrama haji Donohudan pada pukul 12.00 WIB.

Pihaknya mengimbau para jemaah di Kudus bisa menjaga kondisi kesehatannya dengan baik. Selain olahraga ringan, pola makan sehat, istirahat cukup, sambung dia, saat ini juga sangat perlu dilakukan untuk persiapan keberangkatan.

”Jika ada tamu juga harus diatur waktunya. Karena jelang keberangkatan ini juga harus istirahat yang cukup,” ujarnya.

Total jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kudus tahun ini ada 1278 orang yang akan berangkat ke Tanah Suci. Mereka terbagi menjadi lima kelompok terbang, mulai kloter 86 sampai kloter 90. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen calon jamaah haji tersebut kategori Lansia.

Ali Bustomi