Peta penunjuk lokasi titik gempa yang terjadi semalam. Berada di 117 KM barat daya Pacitan, Jatim, pada kedalaman 10 KM.(Dok.BMKG)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Belum diperoleh laporan dampak kerusakan terkait gempa bumi yang terjadi semalam. Guncangan gempa tersebut terasa sampai Wonogiri dan sekitarnya.

Masyarakat yang terbangun oleh guncangan gempa, pada berlarian panik ke luar rumah. Yang kemudian menyambutnya dengan memukul kentong nada Uluk-uluk bertalu-talu, sebagai penyampaian isyarat ada bahaya.Seperti diberitakan, gempa bumi berkekuatan 6.1 SR, terjadi di 117 KM barat daya Pacitan, Jatim. Berlangsung Kamis dinihari (8/6) pukul 00:04:55 WIB.

Pihak Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi Tsunami.Guncangan gempa tersebut, juga terasa hingga wilayah Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa (DI) Jogyakarta.

Gempa dengan Magnitudo 6,0 tersebut, berada di titik 9.15 LS dan 110.69 BT, tepatnya di 117 KM barat daya Pacitan, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 KM.Lokasi tersebut berada di 128 KM tenggara Kabupaten Gunungkidul DIY, 143 KM tenggara Bantul DIY, 154 KM tenggara Yogyakarta dan 542 KM tenggara Jakarta.

Bambang Pur