blank
Ilustrasi cara berhenti merokok. Foto: Dok/Pngtree

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu seorang perokok? Merokok merupakan sebuah kebiasaan buruk yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Sangat penting untuk mulai menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin. Berhenti merokok bukanlah sebuah perkara yang mudah. Prosesnya membutuhkan tekad serta upaya yang kuat.

Dikutip dari Suara.com, jika kamu ingin berhenti merokok secara bertahap, simak beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Menentukan tanggal

Langkah pertama yang harus kamu terapkan adalah menentukan tanggal terlebih dahulu. Pilihlah waktu yang tepat dan berkomitmenlah untuk berhenti merokok mulai dari tanggal tersebut.

2. Mengurangi jumlah rokok per hari

Mengurangi jumlah rokok yang kamu konsumsi secara bertahap di setiap harinya adalah langkah selanjutnya yang bisa dibilang cukup efektif. Jika kamu selalu merokok setelah makan atau saat minum kopi, maka cobalah untuk mulai mengurangi konsumsi rokok saat momen-momen tersebut.

3. Mengganti rokok dengan alternatif sehat

Seiring mengurangi jumlah rokok yang kamu konsumsi, gantilah kebiasaan merokok tersebut dengan alternatif yang lebih sehat. Misalnya, kunjungilah gym atau lakukan olahraga ringan saat kamu mulai merasa ingin merokok.

Selain itu, kamu juga bisa mengunyah permen karet atau mengisap permen mint yang tidak mengandung nikotin untuk mengatasi keinginan merokok tersebut.

4. Menghindari pemicu merokok

Ketahuilah segala pemicu yang memunculkan keinginanmu untuk merokok dan hindarilah sebisa mungkin. Secara garis besar, pemicu tersebut bisa saja berupa tempat, orang, atau situasi tertentu.

Misalnya, jika kamu sering merokok saat bersama teman-teman yang juga merupakan perokok, maka cobalah untuk menghindari situasi tersebut, atau carilah aktivitas lain yang tidak terkait dengan merokok.

5. Dukungan dari keluarga dan teman

Mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat penting dalam proses menghentikan kebiasaan merokok. Segera beritahukan niat yang kamu miliki dengan keluarga serta teman-teman terdekatmu. Dukungan dari mereka dijamin akan membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani prosesnya.

6. Mencari kegiatan yang positif

Berhenti merokok bukan hanya tentang menghilangkan kebiasaan buruk, tetapi juga tentang menggantinya dengan kegiatan yang lebih positif. Temukanlah aktivitas yang berdampak positif serta manfaatkan waktu luangmu untuk melakukan berbagai hal yang memberikan kepuasan dan kebahagiaan.

Beberapa aktivitas berdampak positif yang dapat kamu coba antara lain adalah membaca buku, menulis, berolahraga, atau menjalani hobi baru.

Berhenti merokok adalah sebuah langkah penting yang perlu kamu ambil demi meningkatkan kualitas hidup serta menjaga kesehatan badanmu. Meskipun tidak mudah, berbekal tekad serta komitmen yang kuat, percayalah kamu akan berhasil melepaskan diri dari kebiasaan merokok, sehingga kehidupan yang kamu jalani pun dapat lebih sehat dari sebelumnya.

Ning S