blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan) menerima kedatangan Tim Polda Jateng dalam penilaian Satkamling di Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) warga Joho RT 03/RW V, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, maju lomba ke tingkat Polda Jateng. Menjadi wakil Wonogiri, setelah meraih gelar predikat Satkamling terbaik tingkat kabupaten.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, Rabu (7/6), menyatakan, Tim Penilai Lomba dari tingkat Polda Jateng, Selasa malam (6/6), datang untuk melakukan penilaian ke Giriwono, Wonogiri.

Tim Penilai Tingkat Polda Jateng dipimpin oleh Dit Binmas Polda Jateng, Kompol Hartono, dan diterima oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada M Amirullah bersama jajaran pejabat Polres terkait.

Ikut hadir Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Margono, para Kapolsek se Distrik Kota beserta jajaran Forkopincam Wonogiri Kota, para Kanit Binmas serta Bhabinkamtibmas se Distrik Polsek Kota.

Juga para Lurah dan Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Wonogiri Kota, bersama para Ketua RW dan RT se Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri Kota, para tokoh masyarakat (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas).

Kapolres AKBP Indra dalam sambutannya, menyatakan, kegiatan Satkamling merupakan budaya warisan leluhur yang wajib dilestarikan. Karena masih sangat relevan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, juga bermanfaat menjaga silaturahmi dalam menciptakan masyarakat yang guyub, rukun dan kompak.

Kondusif

Kegiatan Satkamling merupakan wujud nyata masyarakat dalam mencintai Tanah Airnya. Sebab, Satkamling merupakan salah satu bentuk bela negara.

Melalui Satkamling, mampu diciptakan lingkungan yang kondusif, aman dan tertib, serta terhindar dari permasalahan. Ini sinergi dengan perintah dari Mabes Polri, untuk senantiasa meningkatkan Harkamtibmas menjelang Pemilu 2024.

Melalui Keamanan Swakarsa, Satkamling proaktif menggelorakan kembali semangat gotong royong yang saat ini mulai luntur. Hal ini penting, mengingat untuk mewujudkan Kamtibmas bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum saja. Namun peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kondusivitas di masing-masing wilayah.

Hal itu selaras dengan pembentukan  Polisi Rukun Warga (RW), yang eksistensinya untuk mendeteksi dini kriminalitas hingga masalah sosial. Filosofinya, Polisi RW bisa berkolaborasi bersama dan peduli terhadap berbagai fenomena masalah sosial di masyarakat

Polisi RW, berkewajiban untuk melakukan upaya-upaya problem solving, terhadap setiap permasalahan yang ada di tingkat RW. Berkaitan hal tersebut, pelaksanaan lomba Satkamling diharapkan menjadi wujud sinergitas seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah, untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan Kamtibmas.

Bambang Pur