blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Meningkatkan kemampuan anggotanya, Dharma Wanita Persatuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Jepara menggelar present table manners training atau pelatihan table manners.

Pelatihan singkat ini, di khususkan bagi para anggota Dharma Wanita DPUPR Jepara, di Sekuro Village Beach Resort, Rabu (7/6/2023) siang. Sekitar 40 peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

Table manners merupakan pelatihan tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. Penerapan table manner ini diharapkan bisa menunjukkan sikap yang elok selama perjamuan makan berlangsung.

Gelak tawa Ibu-Ibu DWP DPUPR terdengar riuh di seluruh ruangang. Saat Asisten FBM Sekuro Village Ageng Artanto menerangkan dan memeragakan cara makan yang benar sepotong roti dalam penyajian table manner. Ternyata banyak yang salah dalam hal ini.

“Untuk memegang pisau yang benar di tangan kanan. Kemudian garpu ada di tangan kiri,” kata Ageng.

blank

Ternyata masih banyak yang salah dalam memegang alat makan. Selain itu, mereka juga belum banyak yang bisa memakan sepotong roti dengan cara table minnner.

“Rotinya tidak diiris ya, tapi dipotong pakai tangan sedikit, lalu disisi dengan krim butter,” kata Ageng.

Ketua DWP DPUPR Erna Widi Nuraini Adi Bachtiar mengatakan, sekarang ini model jamuan makan dengan table minnners sudah banyak dilakukan. Termasuk undangan-undangan resmi dan undangan makan keluarga.

“Jangan sampai Ibu-ibu ini salah sikap atau tata caranya. Ambil garpu, dan pisaunya agar lebih berkelas,” kata dia.

Dikatakan Erna, selaku istri Aparatur Sipil Negara (ASN), juga harus bisa menjaga diri. Jangan sampai mempermalukan suaminya, lantaran tidak bisa tata cara makan atau table minnners di restorant. Setidaknya dengan pengalaman ini mereka jadi tahu, sehingga suatu saat menemukan jamuan seperti ini tidak kaget.

“Selain pendidikan, para peserta juga mendapatkan sertifikat,” kata dia

Dalam table manners, para peserta diajari mengenai pengetahuan menu, mulai appetizer, soup, main course (hidangan utama), dan juga dessert (makanan penutup).

Selain itu juga diajari macam-macam pelayanan (type of service), pengetahuan dasar nama-nama peralatan, hingga etika table minnners. Cara berbusana, cara duduk, cara berbicara, hingga cara makan dan minum.

Hadepe