blank
Paguyuban Sopir ikuti  sosialisasikan Pemilihan Penghargaan Abdi Yasa Teladan, di rumah Ketua Paguyuban Samintrans Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Selasa, 6 Juni 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Unit Kamsel Satlantas Polres Blora melakukan sosialisasikan kriteria pemilihan penghargaan Abdi Yasa Teladan, di rumah Ketua Paguyuban Samintrans Ngawen, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa, 6 Juni 2023.

Penghargaan Abdi Yasa Teladan merupakan simbol penghargaan yang diberikan kepada pengemudi, selain mewujudkan kesadaran bersama mengenai pentingnya keselamatan saat berkendara. Selaib itu, juga sebagai bukti Komiten Satlantas Polres Blora dan Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora untuk menciptakan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas terutama di wilayah hukum Polres Blora.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Noach melalui Kanit Kamsel Satlantas Polres Blora, Inspektur Polisi Dua Hadi Sutomo, S.H., M.H., menyampaikan bahwa selain sosialisasi Pemilihan Penghargaan Abdi Yasa Teladan, juga memberikan motivasi Awak Kendaraan Umum dan angkudes dengan memberikan penghargaan melalui profesinya.

“Membangun sikap dan perilaku sopir atau awak kendaraan umum selalu tertib berlalu lintas untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan lalu lintas, juga merubah sikap dan perilaku Pengemudi angkutan umum menjadi lebih disiplin dan tanggung jawab untuk mengurangi jumlah kecelakaan.” jelas Ipda Hadi Sutomo.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Blora, diwakili staf Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan, Ngadiyanto, S.Sos., menyampaikan bahwa ada empat aspek yang jadi penilaian, meliputi aspek administrasi, aspek perilaku, aspek pengetahuan lalu lintas angkutan dan jalan, serta aspek asuransi.

“Agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya serta menginformasikan hal-hal positif, rekan kerja dan masyarakat sehingga dapat memberikan keteladanan bagi pengemudi angkutan umum lainnya dalam meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas,” ujar Ngadiyanto.

“Abdi Yasa Teladan merupakan acara tahunan yang digelar Kementerian Perhubungan, bekerjasama dengan Polri untuk memilih operator angkutan yang memiliki etika berlalu lintas, termasuk upaya peningkatan kesadaran berlalu lintas,” tandas Ngadiyanto.

Kudnadi Saputro