blank
Gerbang sisi Timur Asrama Haji Donohudan. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID)–  Calon haji (calhaj) asal Jateng yang meninggal di Tanah Suci jumlahnya bertambah menjadi lima orang. Winaryo Sukaryo Sukadir yang tergabung Kloter 32 dari Brebes pada 4 Juni 2023 di RSAS Madinah akibat serangan jantung.

Hingga hari ke empat belas pemberangkatan calon haji (Calhaj) Embarkasi Solo  sudah memberangkatkan  14.704 jemaah yang tergabung dalam 41 kloter ke Tanah Suci.

“Hingga hari ini 15.828 jemaah yang tergabung dalam 44 kloter sudah masuk ke Embarkasi Solo (SOC). Pada hari yang sama Embarkasi SOC kedatangan dua kloter jemaah calon haji dari Kabupaten Bantul Kloter 45 dan Kabupaten  Sleman yang tergabung  dalam Kloter 46,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi SOC Gentur Rahma Indriyadi, Selasa (6/6).

Lima calhaj yang wafat di tanah suci, lanjut Humas PPIH Embarkasi SOC, yakni Suprapto Tarlim Kertowijoyo – Kloter 3 Kabupaten Demak pada 25 Mei 2023, Masrikan Rejo Nasikun – Kloter 4 Kabupaten Demak pada 31 Mei 2023 akibat serangan jantung, Tasmi Kasan Mukrim (71)  Kloter 15 Kabupaten Kendal – 71th  meninggal 2 Juni 2023, Kotiin Suwondo Tamsir (56) Kloter 1 – Kabupaten Grobogan meninggal  4 Juni 2023, Winaryo Sukaryo Sukadir Kloter 32 – Kabupaten Brebes  pada 4 Juni 2023.

Sedangkan calhaj yang sakit di Arab Saudi  jumlahnya 17 orang. Dari jumlah disebut terakhir tujuh jemaah dirawat di Makkah dan 10 lainnya di Madinah. Sedangkan yang menjalani perawatan di embarkasi SOC berjumlah sembilan orang.

Mereka dirawat di RS. Dr Moewardi dua jemaah, RS TNI AU lima  jemaah dan dua calhaj lainnya dirawat di RSUP. Juga 16 calhaj ditunda keberangkatannya dan dikembalikan ke daerah asal karena tidak istithaah, terang Gentur Rahma Indriya disembari mengatakan pada hari sama dari embarkasi SOC diterbangkan lima kloter ke Tanah Suci.

Rinciannya Kloter 40 membawa jemaah dari Kabupaten Pekalongan, Kloter 41 membawa Calhaj dari Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan serta Kabupaten Batang . Kloter 42 calhaj dari Kabupaten Batang dan Kloter 43 mengangkut jemaah dari  Kabupaten Batang dan Kabupaten Sleman . Kloter 44  Calon haji  Kabupaten Sleman.

Bagus Adji