Poster Kejuaraan Bulu Tangkis Rektor USM-PWI Jateng yang akan digelar 16-21 Oktober 2023.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah akan menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis dengan titel ”Rektor USM-PWI Jateng Cup I” di Gelora USM pada 16-21 Oktober 2023.

Ketua Panitia, Ahmad Muhaimin mengatakan, event yang baru pertama kali ini tersebut berhadiah total Rp 50 juta. Adapun nomor yang dipertandingkan, untuk tingkat Kota Semarang adalah tunggal usia dini dasar dan madya putra-putri, tunggal anak dasar dan madya putra-putri, tunggal pemula dasar dan madya putra-putri, tunggal remaja dasar dan madya putra-putri, ganda anak dasar dan madya putra-putri, ganda pemula dasar dan madya putra-putri, ganda remaja dasar dan madya putr-putri.

Untuk tingkat nasional mempertandingkan nomor tunggal usia dini putra-putri, tunggal anak putra-putri, tunggal pemula putra-putri, tunggal remaja putra-putri, tunggal taruna putra-putri, ganda anak putra-putri, ganda pemula putra-putri, ganda remaja putra-putri dan campuran, ganda taruna putra-putri dan campuran.

Poster Kejuaraan Bulu Tangkis Rektor USM-PWI Jateng tingkat Kota Semarang.

”Kejuaraan ini baru pertama digelar. Kami akan agendakan digelar rutin setiap tahun,” katanya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ikut menggalakkan pembinaan bulu tangkis khususnya di Jawa Tengah. Selain itu juga sebagai ajang mengukur prestasi para atlet.

”Kami berharap, melalui kejuaraan ini akan lahir atlet-atlet andal yang mampu mengharumkan nama Indonesia di event internasional seperti Christian Adinata yang berhasil menyumbangkan dua medali emas dari tunggal putra dan beregu putra pada SEA Games Kamboja 2023. Saat ini Christian Adinata adalah mahasiswa Universitas Semarang,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk pendaftaran peserta tingkat Kota Semarang melalui Santi Hp 085727480014, sedangkan pendaftaran peserta tingkat nasional melalui si.pbsi.or.id. Jumlah peserta akan dibatasi maksimal 800 peserta, karena pertandingan hanya menggunakan satu GOR.

”Kejuaraan ini merupakan bentuk kepedulian Universitas Semarang terhadap pembinaan olahraga bulu tangkis. Secara umum, USM memberikan apresiasi berupa beasiswa kuliah di USM terhadap atlet berprestasi tingkat nasional dari seluruh cabang olahraga,” tandasnya.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, pihaknya menyediakan beasiswa kuliah gratis di USM untuk juara 1 tunggal taruna, juara 1 ganda taruna dan juara 1 ganda campuran taruna.

”Bagi juara 1 kelompok taruna dari nomor tunggal, ganda dan ganda campuran, kami siapkan beasiswa kuliah gratis di USM,” ungkap Junaidi.

Mh