blank
PT. Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang menerapkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mulai menerapkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sejak Kamis (1/6/2023).

Hadirnya Face Recognition Boarding Gate tersebut bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan,penerapan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng merupakan karya inovasi terbaru dari KAI untuk meningkatkan layanan terhadap para pelanggan kereta api.

“Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki, hingga status vaksinasi pelanggan,” jelasnya, Senin (5/6/2023).

Ixfan mengatakan, untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader. Saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Menurutnya, jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan. “Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka,” tukasnya.

“Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding,” jelas Ixfan.

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir, karena KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Selain di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, fasilitas Face Recognition Boarding Gate juga telah diterapkan di beberapa stasiun lainnya yang meliputi Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang dan Stasiun Cirebon.

“Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan akan mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan. Karena proses boarding yang jauh lebih cepat dan praktis, akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api,” pungkas Ixfan.

Ning S