blank
Tim PkM mahasiswa Ilkom USM foto bersama peserta seusai Kampanye Bullying di Taman Indonesia Kaya Semarang pada 2 Juni 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar Kampanye Bullying di Taman Indonesia Kaya Semarang pada 2 Juni 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Rosalinda Firdaus, Naufal Ezra, Afgar Brillianto, Stefanus Reo, Adhi Setya, Haniar Arga, Demetrius Hurricane, Alvian Evendi, Winata Nurul, Auriel Maharani, Tito Rafli.

Kegiatan menghadirkan narasumber Sinta Pramucitra M.I. Kom dan Afgar Brilianto.

Ketua Panitia, Rosalinda Firdaus mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah menciptakan pemahaman yang lebih luas tentang masalah Bullying. Selain itu juga mempromosikan budaya yang menghargai perbedaan serta menghentikan perilaku bullying di lingkungan sekitar.

”Para narasumber memberikan wawasan mendalam mengenai efek negatif dari bullying dan bagaimana kita dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah ini. Kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat. Keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan ini menunjukkan pentingnya isu bullying dalam kehidupan sehari-hari dan keinginan untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lebih inklusif bagi semua,” ungkapnya.

Acara ini, katanya, melibatkan berbagai kegiatan, termasuk sesi tanya jawab dengan narasumber, presentasi
materi terkait bullying, dan diskusi kelompok kecil untuk mendorong partisipasi aktif dan refleksi lebih
mendalam.

Selain itu, kampanye ini juga memberikan beberapa contoh nyata dari pengalaman pribadi
para korban bullying, dengan harapan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam dan empati bagi
peserta.

Dia menambahkan, melalui kegiatan ini, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang ingin mendorong perubahan positif dalam pandangan dan perilaku terhadap bullying.

”Kami berharap melalui pemahaman yang lebih baik tentang efek negatif bullying, masyarakat dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang bebas dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Muhaimin