blank
Ilustrasi. Reka: Wied

blank

DULU ketika masih aktif menulis buku, oleh teman saya diberi buku yang karena isinya termasuk unik, lalu saya minta ahli bahasa (arab) untuk menerjamahkannya. Tentang kebenarannya, saya belum berani memastikan. Saya tertarik menulis sebagiannya, siapa tahu ada masukan dari pembaca.

Misalnya, garangan. Binatang yang hidup secara liar di sawah dan hutan bentuknya seperti kucing dan memiliki bulu panjang ini disebut memiliki banyak khasiat. Kepalanya diletakkan pada sarang burung merpati, maka semua merpati itu ketakutan dan tak akan pernah kembali (minggat).

Taringnya jika dibawa (digantungkan) pada anak kecil yang memiliki bau badan kurang sedap, menyebabkan bau itu hilang, bahkan membaguskan budi pekerti dan menghindarkanya dari kebiasaan kaget saat tidur.

Empedunya jika ditiupkan pada orang yang sedang pingsan, menyebabkan sadar bahkan tidak akan pernah pingsan untuk selamanya. Empedu garangan dapat mengubah warna emas menjadi warna tembaga cukup dioleskan saja.

Lemaknya jika dioleskan pada orang yang sakit tulang, dapat mengurangi sakit, atau bahkan menyembuhkannya, biji pelernya jika ditalikan pada anak kecil, menyebabkan anak itu pertumbuhan gigi cepat tanpa rasa sakit. Lemak garangan juga dapat digunakan untuk sakit telinga dengan cara diteteskan.

Kulit dan rambut kepalanya untuk menghilangkan kebiasan tubuh yang selalu basah oleh keringat dengan cara dibakar (untuk mengasapi tubuh) atau kulit dan rambut kepala garangan dipakai sebagai pakaian.

Darahnya jika dioleskan pada kulit kepala anak kecil menyebabkan rambutnya tumbuh subur, walau semula anak botak. Paru-parunya jika dilembutkan dan diminum untuk obat masuk angin, limpanya jika ditalikan pada anak kecil yang sakit limpa, menyebabkan sembuh.

Dagingnya bermanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gatal-gatal pada kulit. Pinggulnya jika dipegang menyebabkan yang memegang tidak memiliki rasa takut terhadap anjing, bahkan anjing pun tidak akan menggonggong.

Telinganya jika digantungkan pada amandel yang tumbuh, dapat menyembuhkanya. Sedanngkan zakarnya jika digantungkan pada kepala, bermanfaat menyembuhkan pusing kepala. Termasuk anak  yang biasa kaget dan menangis malam hari, dapat disembuhkan kebiasaannya dengan cara menggantungkan zakar garangan padanya.