blank
Para calon haji Kebumen 2023 sebagian sudah usia lanjut, namun wajahnya terpancar semangat saat berangkat Kamis 1/6.(Foto:SB/Kominfo Kebumen).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 1.290 orang calon haji Kebumen pada 2023 telah berangkat ke Tanah Suci mulai Kamis (1/6). Calon haji termuda dari Kebumen tercatat berusia 19 tahun dan tertua 101 tahun.

Dari data Kemenag Kebumen, jamaah termuda berusia 19 tahun, bernama Nayalah Aulia asal Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo. Sedangkan jamaah tertua 101 tahun bernama Mad Supyan, asal Desa Rowokele, Kecamatan Rowokele.

Mad Supyan merupakan pejuang Veteran yang memiliki delapan anak. Ia sampai saat ini masih aktif sebagai seorang petani.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas jamaah calon haji Kloter Pertama atau Kloter 28 Embarkasi Donohudan Solo dari Kabupaten Kebumen. Pelepasan jamaah calon haji Kloter Pertama Kebumen berlangsung di Aula Setda Kebumen Kamis (1/6).

Pemkab Sediakan 8 TPDH dan Tim Medis

blank
Calon haji Kebumen naik bus bersiap menuju asrama haji Donohudan,(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

Bupati menyatakan, pada haji 2023 ini, setidaknya ada 1.290 calon haji asal Kebumen yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Dari jumlah itu, pemberangkatan haji dibagi empat kloter sampai dengan Jumat 2 Juni 2023.

“Alhamdulilah jamaah haji kloter pertama telah diberangkatkan. Total calon haji asal Kebumen tahun ini ada 1.290 jamaah. Mereka diberangkatkan pagi ini, nanti malam, kemudian besok pagi Jumat dan sorenya,”ujar Arif Sugiyanto di lokasi Kamis (1/6).

Menurut Bupati, Pemerintah Daerah juga memberangkatkan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 8 orang, serta pendamping haji dan juga tim medis.

“Saya lihat jamaah calon haji tahun ini sudah banyak yang usia lanjut, karena itu saya minta untuk menjaga kebersamaan, menjaga kekompakan. Karena jamaah haji tahun ini tidak ada pendamping keluarganya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,”jelas Arif Sugiyanto.

Bupati pun turut mendoakan semoga semua jamaah sehat, bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan baik dan sempurna. Bupati pun mengimbau kepada para calon haji untuk saling mengingatkan, saling membantu antarjamaah yang lain.

“Kita doakan bersama para calon haji kita bisa menjalankan seluruh rangkaian haji dengan sempurna, dan pulang bisa mendapat predikat Haji Mabrur dari Allah SWT,”ujarnya.

Komper Wardopo