blank
Kapolresta Magelang ikut berjalan kaki bersama para Biksu. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Sebanyak 32 Biksu yang telah menempuh perjalanan ribuan kilometer dari Thailand telah tiba di perbatasan Temanggung-Kabupaten Magelang, tepatnya di Kecamatan Soropadan, Kabupaten Temanggung, Selasa (30/5/2023) siang.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, bersama pejabat utama, para Kapolsek, anggota Polresta Magelang, serta TNI dari Kodim 0705/Magelang melakukan penyambutan. Dengan membawa bendera Merah Putih, para pejabat TNI-Polri menunggu di perbatasan. Beberapa kendaraan roda dua dan empat disiapkan untuk mengawal, ada satu unit mobil pemadam kebakaran, serta kendaraan dari Dokkes Polresta Magelang.

“Mobil pemadam kebakaran menumpahkan air sedikit demi sedikit di sepanjang jalan yang dilalui, guna mengurangi hawa panas jalan beraspal. Selanjutnya personel TNI-Polri mengawal rombongan Bhante yang sedang melakukan ritual Thudong, yaitu berjalan kaki menempuh ribuan kilometer dari Thailand menuju Candi Borobudur, Kabupaten Magelang,” terang Kapolresta.

Kombes Pol Ruruh pun memimpin pengawalan rombongan Bhiksu dengan berjalan kaki menyusuri jalan dari perbatasan Temanggung-Kabupaten Magelang. Tepatnya dari Soropadan sampai perbatasan Kota Magelang, di Kelurahan Sambung, Kota Magelang, sejauh sekitar 10 kilometer.

Selain aparat TNI-Polri ada sejumlah organisasi masyarakat (ormas) ikut mengawal para Biksu. Ratusan warga berjajar di sepanjang jalan yang dilalui para Bhiksu, untuk memberi semangat dan ada yang menyodorkan air mineral serta makanan.

“Ini menunjukan bukti bahwa masyarakat sangat menjunjung tinggi perbedaan dan sikap toleransi antarumat beragama khususnya di wilayah Kabupaten Magelang sudah terjaga dengan baik,” tutur Kombes Pol Ruruh.

Pada acara Thudong itu para Bhante berjalan sejauh ribuan kilometer meliputi empat negara. Berangkat dari Thailand, melewati Malaysia, Singapura dan tujuan akhir di Indonesia. Bertepatan dangan puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur.

Sampai di perbatasan Kota Magelang tepatnya di Sambung, pengawalan rombongan diambil alih secara estafet oleh Kapolres Magelang Kota beserta anggotanya.

Rencananya Rabu (31/5/2023) pukul 07.00, rombongan para Bhiksu meneruskan perjalanan kembali dari peristirahatan Klenteng, Kota Magelang, menuju Borobudur.

Eko Priyono