blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum sedang mewisuda salah seorang wisudawan dalam upacara  wisuda periode III tahun 2023 di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat, Sabtu (27/5). Foto: HumasUNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID)-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda 752 sarjana baru lulusan perguruan tinggi setempat. Dari seluruh wisudawan, 242 sarjana baru lulus dengan predikat cumlaude.

Upacara  wisuda periode III tahun 2023 dipimpin Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum berlangsung di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat, Sabtu (27/5/2023).

Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dalam laporannya mengatakan, wisudawan yang diwisuda berasal dari 19 lulusan Sekolah Pascasarjana, 25 wisudawan Fakultas Ilmu Budaya, 45 wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 65 lulusan Fakultas Hukum.

Juga 78 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 74 wisudawan Fakultas Kedokteran, 54 wisudawan Fakultas Pertanian, 62 wisudawan Fakultas Teknik. Serta 177 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 22 wisudawan Fakultas Keolahragaan, 35 wisudawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 6enam lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, 55 wisudawan Sekolah Vokasi, 13 wisudawan Fakultas Psikologi (FPsi), sembilan wisudawan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data, dan 13 lulusan Fakultas Peternakan.

Terdapat lulusan dengan capaian luar biasa. Lulusan tercepat program doktor atas nama Kokom Komariah dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia dengan lama studi 2 tahun 7 bulan. Lulusan doktor termuda diraih oleh Suci Faniandari dari Prodi S-3 Fisika yang lulus pada usia 26 tahun 2 bulan. Pada jenjang magister, lulusan tercepat diraih Slamet Rahman Raharjo Prodi S-2 Teknik Sipil dengan lama studi 1 tahun 6 bulan.

Lulusan termuda diraih Aulia Siti Nur Rahmah Prodi S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang lulus pada usia 23 tahun 4 bulan. Sedangkan pada jenjang sarjana lulusan tercepat diraih Shoffan Mujahid dari Prodi S-1 Ekonomi Pembangunan dengan lama studi 3 tahun 5 bulan. Lulusan termuda Ambar Cahyaningrum Prodi S-1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) dengan usia saat lulus 20 tahun, terangnya.

Rektor UNS, Prof. Dr.Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum  dalam sambutannya  menyampaikan selamat dan apresiasi atas kelulusan para wisudawan periode III UNS. Dikemukakan, mulai bulan Mei 2023 ini, rektor bersama pimpinan Organ UNS telah mengambil kebijakan menyelenggarakan upacara wisuda setiap bulan.

Tujuannya demi memberikan kesempatan bagi lulusan UNS agar segera bisa memperoleh ijazahnya untuk digunakan diberbagai kepentingan. “Saya percaya dan optimis jika alumnus UNS dengan keragaman potensi yang dimilikinya akan mampu mengeksplorasi ilmu dan keterampilanya untuk kepentingan kemajuan peradaban bangsa kearah yang lebih baik,” tandas Rektor UNS.

Bagus Adji