blank
Dewan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Semarang (Dema FH USM) menggelar Seminar Legal Drafting bertemakan “Proses Legislasi Peraturan Perundang-Undangan Berdasarkan UU No.12 Tahun 2011” di Lantai 6 Ruang Prof Ir Joetata Hadihardaja Gedung V USM pada 24 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dewan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Semarang (Dema FH USM) menggelar Seminar Legal Drafting bertemakan “Proses Legislasi Peraturan Perundang-Undangan Berdasarkan UU No.12 Tahun 2011” di Lantai 6 Ruang Prof Ir Joetata Hadihardaja Gedung V USM pada 24 Mei 2023.

Ketua Umum Dema FH USM, Septian Devano mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengenali proses penyusunan hingga latar belakang terbentuknya peraturan perundang-undangan,

“Tujuan kegiatan ini untuk mengenali bagaimana proses legislasi peraturan perundang-undangan berdasarkan UU No.12 Tahun 2011. Biasanya orang-orang identik dengan demo, menuntut akan peraturan perundang-undangan yang dianggap menyusahkan rakyat. Namun kita harus perlu tahu bagaimana proses penyusunannya hingga latar belakang adanya peraturan perundang-undangan tersebut,” katanya.

Kegiatan yang diikuti 200 mahasiswa itu menghadirkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Devano mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Dialog Mahasiswa pada Juli dan Training Legislatif bekerja sama dengan seluruh Dema USM pada Oktober mendatang. Tujuanny agar mahasiswa paham akan proses kerja lembaga DPR.

Devano berharap, dengan diselenggarakannya seminar tersebut mahasiswa paham terkait proses legislasi peraturan perundang-undangan dibuat.

”Saya berharap, setelah kegiatan ini diselenggarakan semoga mahasiswa paham proses legislasi peraturan perundang-undangan itu dibuat. Jadi tidak hanya sekadar menyalahkan peraturan perundang-undangan itu dibuat seperti apa, tapi mengetahui akan proses legislasinya,” tandasnya.

Muhaimin