blank
Polda Jawa Tengah menggelar tes psikologi bagi calon komisioner Bawaslu Jateng periode 2023- 2028. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menggelar tes psikologi bagi calon komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng periode 2023- 2028.

Ada sebanyak 119 orang hadir mengikuti tes termasuk 2 komisioner incumbent, yakni Rofiuddin dan Heru Cahyono. Heru Cahyono merupakan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, sementara Rofiuddin adalah Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi.

“Tadi dimulai pukul 07.00 WIB,” ungkap Kepala Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jateng, AKBP Novian Susilo di lokasi tes di Hotel Oaktree Kota Semarang, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, tes psikologi ini ada 3 aspek yakni kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja. Para peserta menggunakan komputer untuk mengikuti tes tersebut. Menurutnya, secara umum, semua materi tes dari Mabes Polri termasuk yang mengukurnya dan merupakan hasil kesepakatan dengan Bawaslu RI. “Tes ini terlaksana dari MoU Bawaslu RI dan Kapolri, dilaksanakan di seluruh Provinsi atau Polda,” lanjutnya.

Sementara Ketua Tim Seleksi Anggota Bawaslu Jateng, Prof. Dr. Mukhsin Jamil mengatakan, tes ini adalah tahap ke-3 dari total 5 tahapan seleksi, yakni setelah pendaftaran dimulai adiminstrasi, kemudian tes computer assisted test (CAT), psikologi, kemudian dilanjutkan tes kesehatan dan wawancara.

“Yang tidak hadir tes otomatis gugur,” ungkapnya didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Jateng, Tjandra Lestari.

Dari awal pendaftaran, ada 156 orang yang daftar, terinci 116 laki-laki dan 40 perempuan. Kemudian yang lolos adiminstrasi 131 orang, yakni 94 laki-laki dan 37 perempuan. Saat dilakukan CAT ada 123 orang, 87 laki-laki dan 86 perempuan.

Sementara yang hadir tes psikologi hari ini 119, yakni laki-laki 84 orang dan 35 orang perempuan. “Nanti yang diambil 16, kebutuhannya 4 (komisioner),” ungkap Tjandra Lestari.

Ning S