Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan) memimpin Sertijab Kasat Reskrim dan dua Kapolsek. Pejabat yang menjalani Sertijab, bergantian maju menandatangi berita acara.(Dok.Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Rabu (24/5), memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Reskrim dan dua Kapolsek. Upacara digelar di halaman Mapolres Wonogiri.

Dalam upacara sertijab ini, tampil menjadi Perwira Upacara Kabag SDM  Kompol Prawito, dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kanit-3 Satreskrim Iptu Pradana Dwi Atmaja. Ikut hadir Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres, para Kapolsek se jajaran, para Perwira beserta Bintara dan PNS Staf Polres Wonogiri.

Sertijab ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dengan didampingi rohaniawan. Kemudian dirangkai dengan penandatanganan berita acara Sertijab dan pakta integritas, serta pengambilan sumpah.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, sertijab Kasat Reskrim dilakukan dari pejabat lama AKP Supardi yang pindah tugas menjadi Kapolsek Jebres Solo, digantikan oleh AKP Untung Setiyahadi yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Tegal.

Selanjutnya, AKP Ujang Joko Widianto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Pracimantoro, pindah tugas menjadi Kapolsek Nguntoronadi. Kapolsek Nguntoronadi lama, AKP Rudi Sujatmiko pensiun. Selanjutnya, Kapolsek Pracimantoro kini dijabat oleh Iptu Bunal Eko Trilaksono yang sebelumnya menjabat Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Wonogiri.

Wajar

Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, dalam sambutannya, menyatakan, sertijab merupakan hal wajar di lingkungan Polri. Pergantian jabatan, adalah cermin bahwa Polri bersifat dinamis dalam rangka menghadapi perubahan, dan selalu berupaya memelihara kelangsungan estafet kepemimpinan.

Saat ini, tandas Kapolres,  Polri telah menyusun strategi pembentukan operasionalisasi perpolisian masyarakat/kemitraan polisi dan masyarakat. Yang menekankan pendekatan kemanusiaan, dengan menempatkan masyarakat sebagai mitra kerja yang setara dalam upaya penegakkan hukum. Juga dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk mendukung konsep Presisi.

Dengan adanya pergantian, diharapkan sebagai bentuk penyegaran, sekaligus pendorong semangat untuk lebih giat dan maju dalam melaksanakan tugas. Yang akhirnya, berdampak terhadap kemajuan Polri.

Kepada pejabat yang baru berserah terima jabatan, Kapolres berharap semoga amanah dan sukses. Segera beradaptasi dengan lingkungan baru, lakukan mapping akan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Kepada pejabat yang meninggalkan Wonogiri, diucapkan selamat atas promosi jabatannya dan terima kasih atas dedikasinya yang telah diberikan untuk kemajuan Polres Wonogiri. ”Semoga sukses, amanah dan menjadi berkah untuk keluarga,” tandas Kapolres.

Bambang Pur