blank
Para calon haji Kabupaten Grobogan yang tergabung dalam Kloter Pertama Embarkasi Solo  terlihat meninggalkan Gedung Muzdalifah  Asrama Haji Donohudan Boyolali menuju ke Bandara Adi Soemarmo Solo untuk kemudian diterbangkan menuju ke tanah suci. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Ratusan Jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Grobogan dan Jawa Tengah berangkat ke Tanah Suci, tergabung dalam kelompook terbang pertama embarkasi Solo, Rabu dini ari, 24 Mei 2023.

Keberangkatan 355 calhaj dan lima petugas haji  Pada hari sama namun waktunya berbeda, dari embarkasi Solo juga diberangkatkan ratusan calhaj asal Grobogan dan Demak yang tergabung dalam kloter dua, tiga serta empat .

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Jateng H Musta’in Ahmad SH MH ketika ditemui beberapa saat sebelum keberangkatan Kloter pertama mengatakan, pemberangkatan perdana jemaah calon haji dilepas secara resmi dari Asrama Haji Donohudan Solo oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sempat menyapa para calon haji yang akan berangkat ke tanah suci. Jemaah termuda  yang tergabung dalam kloter pertama berusia 24 tahun dan tertua 86 tahun. Seluruh jemaah kloter pertama kondisinya sehat dan terbang menuju Madinah .

Untuk tahun 2023, Jateng dan  DIY sesuai rencana memberangkatkan 33.524 jamaah yang terbagi dalam 95 kloter. Dari jumlah keseluruhan  sekitar 11 persen atau sekitar 11.000 jemaah diantaranya termasuk katagori  lanjut usia.

“Mengenai kuota tambahan sebanyak 8.000 jemaah sebagaimana  disampaikan anggota DPR, hasilnya masih ditunggu. Termasuk Jawa Tengah mendapatkan tambahan kuota berapa banyak”, terangnya seraya menambahkan pelepasan kloter pertama embarkasi Solo juga dihadiri anggota komisi 8 DPR, perwakilan Menteri Agama dan Ketua MUI.

Dari Humas PPIH Embarkasi Solo diperoleh informasi terdapat empat kloter calhaj yang diberangkatkan  ke tanah suci pada 24 Mei 2023. Yakni Kloter  pertama berisi Calhaj asal Kabupaten Grobogan berangkat pukul 00.30 WIB.

Kloter dua yang mengangkut Calhaj  asal Kabupaten Grobogan berangkat pukul 06.35 WIB. Kloter tiga berisi calhaj asal  Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak berangkat jam 12.00 WIB. Kloter empat berisi calhaj Kabupaten Demak  diberangkatkan ke tanah suci jam 19.50 WIB.

Bagus Adji