blank
Wehelmina S. E Pattipeilohy dan Yanuar Surya Putra berfoto bersama usai yudisium Prodi S3 DM FEB yang diselenggarakan di Gedung Probowinoto, Senin (22-05-2023). Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Doktor Manajemen (DM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) baru saja menerima kelulusan melalui yudisium yang diselenggarakan di Gedung Probowinoto, Senin (22/05/2023).

Keduanya yaitu Wehelmina S. E Pattipeilohy dan Yanuar Surya Putra yang merupakan lulusan ke-53 dan ke-54 Prodi DM, lulus dengan menyandang predikat sangat memuaskan.

Melalui yudisium yang diselenggarakan, Wehelmina S. E Pattipeilohy memaparkan disertasi berjudul “Desain Budaya Organisasi pada Masyarakat dengan Segregasi Sosial Tinggi: Studi Kearifan Lokal Pela Gandong di Maluku” di hadapan Promotor Prof. Christantius Dwiatmadja., SE., ME., Ph.D., ko-promotor Prof. John J.O.I Ihalauw, Ph.D., Ir. Lieli Suharti., MM., Ph.D., dan tim penguji Prof. Dr. Gatot Sasongko, SE, ME., Prof. Apriani Dorkas Rambu A, SE., M.Com., Ph.D., dan Albert Kriestian N.A.N., SE., MM., Ph.D.

Disampaikannya, perkembangan kearifan lokal tataran organisasi menjadi latar belakang dibuatnya disertasi dengan lokasi penelitian di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon dan beberapa rumah sakit rujukan pada beberapa kabupaten ini.

Ia menilai bahwa salah satu lapisan kuat yang dapat mempertemukan masyarakat pasca konflik adalah lapisan budaya.

“Budaya lokal atau kearifan lokal tersebut yakni Pela Gandong menjadi suatu kesadaran terhadap nilai bersama sekaligus menjadi suatu rekonstruksi jembatan pemersatu sehingga terjadinya harmoni untuk membangun perdamaian di Maluku,” terang Pendeta Gereja Kristen Maluku ini.

Adapun dampak dari internalisasi nilai kearifan lokal Pela Gandong pada organisasi jasa RSUD. Dr. M. Haulussy pada perilaku organisasi yang terdiri dari; perilaku individu, perilaku kelompok, dan perilaku organisasi yang kemudian meningkatkan kinerja organisasi.

Pela Gandong memiliki peran penting dalam membangun hubungan bersama serta membentuk interaksi pada rumah sakit sehingga tidak ada tembok pemisah.

Membangun Perilaku Kerja Inovatif

Selanjutnya, paparan disertasi disampaikan oleh Yanuar Surya Putra dihadapan Promotor Prof. Christantius Dwiatmadja, SE., ME., Ph.D., ko-promotor Prof. Dr. Gatot Sasongko, SE, ME., dan Ir. Lieli Suharti, MM, Ph.D., serta penguji Prof. John J.O.I Ihalauw., Ph.D., Hari Sunarto, SE, MBA, Ph.D., dan Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., MM.

Dosen yang menjabat sebagai Ketua Prodi Manajemen STIE AMA Salatiga ini menyelesaikan disertasinya yang berjudul ”Model Perilaku Kerja Inovatif pada Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dengan Pendekatan Keragaman Generasi”.

Selain disertasi yang dihasilkannya, selama studinya Yanuar Surya Putra juga telah menyelesaikan 3 penelitian yang dipublikasikan.

Dalam paparan disertasinya, menurut ayah satu orang putri ini, dibutuhkan agility atau keuletan individu dalam organisasi untuk membangun perilaku kerja inovatif.

Penelitian yang dibuatnya melibatkan dosen perguruan tinggi swasta yang ada di dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah.

Menurutnya, pemberdayaan psikologis yang terbentuk dalam lingkup Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah akan mempengaruhi iklim keragaman generasi pada lingkup tersebut.

Hal tersebut dapat terjadi karena dosen merasa dapat mengembangkan diri, tanpa membedakan kelompok generasi.

“Hal yang paling penting dari sebuah perilaku kerja inovatif adalah bagaimana karyawan dapat mencari ide kreatif, kemudian mencari dukungan yang diakhiri dengan penerapan pada praktek kerja,” imbuhnya.

Memberi kontribusi bagi ilmu pengetahuan

Menyambut kelulusan Wehelmina S. E Pattipeilohy dan Yanuar Surya Putra, Prof. Christantius Dwiatmadja menyatakan ucapan syukur dan juga apresiasinya.

Menurutnya, kriteria kelulusan doktor yaitu penelitian yang memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan, riset mengandung orisinalitas, serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya.

Dekan FEB Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, S.E., M.Si., Akt., berharap bahwa pencapaian tertinggi dalam pendidikan oleh Wehelmina S. E Pattipeilohy dapat dikembangkan bagi masyarakat serta dapat digunakan untuk karya pelayanan yang bermanfaat bagi sesama dan kemuliaan nama Tuhan.

Sementara itu, Ketua STIE AMA Joko Pramono, SE, MM, Akt, CA., yang turut hadir dalam yudisium Yanuar Surya Putra mengungkap perasaan syukur dan bangganya atas kelulusan doktor dosen STIE AMA tersebut.

”Semoga bisa lebih termotivasi mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen milenial diharapkan mampu menyuguhkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Dosen juga tidak menutup ruang gerak dan berpikir mahasiswa, selalu kreatif dan inovatif memberi pengajaran kepada mahasiswa,” pungkasnya.
Wied