blank
Indra Sjafri memimpin doa, jelang partai final sepak bola SEA Games 2023, lawan Thailand pada laga yang digelar di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023), pukul 19.30 WIB. Foto: pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pelatih Tim U23 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan, anak-anak asuhnya sudah menjalani proses pematangan menuju partai final sepak bola SEA Games 2023, yang dijadwalkan berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023), mulai pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia menuju laga puncak, usai tak terkalahkan dari empat pertandingan di babak penyisihan grup dan satu di babak semi final. Di babak final Timnas Indonesia akan jumpa Thailand.

Dari 23 kali pertemuan, Garuda Muda meraih lima kemenangan. Momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. Sedangkan Thailand meraih 16 kemenangan, dan dua kali imbang.

BACA JUGA: FH Unissula Hadirkan Pakar Internasional Tangani Kekerasan Pada Anak

”Saya sampaikan terima kasih pada Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan jajaran Exco yang telah mempercayakan dan menunjuk kami, untuk menerima tanggung jawab menangani tim SEA Games 2023,” kata Indra, dalam keterangannya di Kamboja, seperti dikutip dari laman PSSI.

Indonesia sendiri punya modal bagus melawan Thailand. Timnas selalu menang dalam lima pertandingan yang dijalani, untuk melaju ke final. Bahkan musuh bebuyutan Vietnam pun, dikalahkan Rizky Ridho dkk dengan skor tipis 3-2.

”Kami sudah berkomitmen dengan para pemain, akan memberikan yang terbaik, atau menjadi game terbaik bagi kita. Semua pemain termasuk Arhan, dalam kondisi baik. Tetapi secara regulasi, kita tidak bisa memainkan dia, jadi kita main dengan 19 pemain terbaik,” jelas dia.

BACA JUGA: Kembali ke Kampus, Siti Masfuah dan Ratusan Mahasiswa Gelar Sujud Syukur

Kenangan medali emas terakhir Indonesia terjadi pada edisi SEA Games 1991. Itu juga kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final, dengan skor akhir 4-3 melalaui adu penalti.

Namun, Indonesia pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand.

Kini, untuk kali keempat, Timnas Indonesia akan jumpa Thailand pada final SEA Games 2023. Tim Garuda mengusung misi mengakhiri paceklik emas sepak bola SEA Games, yang telah berlangsung selama 32 tahun.

”Atas izin Allah, kita akan berusaha mewujudkan keinginan meraih medali emas, setelah selama 32 tahun tanpa medali emas,” tukas Indra.

Riyan