blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universiyas Semarang (Ilkom USM) foto bersama seusai Pelatihan Personal Branding bagi siswa SMKN 11 Semarang di Jl Grafika Raya Banyumanik, Tembalang, Semarang pada 10 Mei 2023.(Foto: News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) menggelar Pelatihan Personal Branding bagi siswa SMKN 11 Semarang di Jl Grafika Raya Banyumanik, Tembalang, Semarang pada 10 Mei 2023.

Tim PkM terdiri atas Ketua Padmasiwi Khoirina Anjali, anggota Arifatul Mukkaromah, Riyanni Cinta Sari, Anisa Wahyu Anggreani, Geget Praditia Aji, Silvia Dirgahayu Eka P, Ardhian Rangga, M. Shobrina Kamal, Novita Indriyanti, dan Andherent Muhammad Fearallah.

Kegiatan menghadirkan narasumber Dosen Komunikasi Pembangunan FTIK USM, Yoma Bagus Pamungkas, S.I.Kom., M.I.Kom.

Ketua PkM, Padmasiwi mengatakan, kegiatan yang diikuti 33 siswa tersebut sangat dibutuhkan para siswa untuk menunjang karier di masa depan.

”Dengan mengenal Personal Branding, kita semakin mudah melihat peluang diri kita sendiri,” ujarnya.

Menurut Yoma, personal branding adalah impresi atau pesan yang berkaitan dengan perilaku, prestasi, dan keahlian seseorang untuk membangun citra diri.

”Selain membangun kepercayaan orang lain terhadap diri Anda, personal branding juga membuat Anda lebih percaya terhadap kemampuan diri. Dampaknya, kamu akan lebih termotivasi untuk mengasah kemampuan dan keterampilan. Pemahaman kamu mengenai keunikan diri dan nilai positif juga akan lebih berkembang,” ungkapnya.

Dia mengatakan, manfaat personal branding antara lain meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya diri, membantu memperluas koneksi, menunjukkan dan mengembangkan kemampuan.

”Selain itu manfaat lain adalah bernilai lebih tinggi, membedakan kamu dengan kompetitor, dan meningkatkan daya jual,” jelasnya.

Muhaimin