blank
Kodam IV/Diponegoro melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Pantai Tirang yang digelar serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia tahun 2023. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kodam IV/Diponegoro melaksanakan kegiatan penanaman mangrove Nasional secara serentak di jajaran TNI seluruh Indonesia tahun 2023, Senin (15/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, yang terpusat dari Taman wisata Alam di Angke Kapuk, Jakarta Utara.

Di Jawa Tengah sendiri ada 59.725 bibit mangrove yang ditanam. Penanaman mangrove bertajuk Mangrove for Better Live dipimpin oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono yang dihadiri Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, Sekda Jateng, serta Forkopimda lainnya yang berlangsung di Pantai Tirang, Kota Semarang.

Pangdam menyampaikan, kegiatan ini merupakan puncak penanaman mangrove secara serentak di seluruh Indonesia.

“Selain di Jawa Tengah, penanaman mangrove juga dilaksanakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang merupakan binaan Kodam IV Diponegoro,” ungkap Pangdam.

Pangdam mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah untuk menjaga dan menghidupkan kembali ekosistem laut. Pangdam berharap mangrove ini tumbuh subur semuanya, seperti mangrove pada umumnya.

Pada kesempatan itu Pangdam mengimbau agar masyarakat dan pemerintah daerah saling menjaga ekosistem hutan mangrove, khususnya di Jawa Tengah dan DIY.

Dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut juga dihadiri perwakilan personel TNI dari seluruh satuan.

Ning S