blank
Ilustrasi diet. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagaimana cara diet agar cepat menurunkan berat badan? Ada beberapa cara diet yang dapat kamu lakukan untuk cepat menurunkan berat badan.

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, salah satunya adalah sarapan berprotein tinggi agar dapat mengurangi rasa lapar.

Jika saat ini kamu sedang mempertimbangkan diet untuk menurunkan berat badan, tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara diet yang cepat dan sehat.

Melansir dari Halodoc.com, begini cara diet yang cepat turunkan berat badan.

Sebelum memulai diet, kamu perlu menghitung indeks massa tubuh terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tahu berapa banyak berat badan yang harus diturunkan untuk mencapai berat badan yang ideal. Selanjutnya, ada beberapa cara diet yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Sarapan berprotein tinggi

Makanan dengan kandungan protein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar, sehingga kamu dapat mengurangi asupan kalori dengan efektif.

2. Makan secara teratur

Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dengan menu bergizi seimbang tiga kali sehari secara teratur. Sebab, makan pada waktu yang teratur dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Hal ini juga dapat mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.

3. Membatasi minuman manis

Kalori kosong dari gula tidak berguna bagi tubuh. Selain itu, asupan gula yang berlebih dapat menjadi penumpukan lemak pada tubuh.

4. Konsumsi makanan tinggi serat

Serat dapat mempercepat penurunan berat badan. Hal ini lantaran makanan berserat dapat membuat perut kenyang lebih lama. Maka dari itu, pastikan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran.

5. Makan secara perlahan

Kebiasaan ini dapat membuat kamu merasa lebih kenyang, sekaligus meningkatkan produksi hormon penurun berat badan. Hindari makan terlalu cepat karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

6. Pastikan tidur cukup

Pasalnya, kurang tidur merupakan salah satu pemicu terbesar akan kenaikan berat badan.

7. Konsumsi teh atau kopi

Kandungan kafein dalam teh atau kopi diketahui dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, dan hindari menambahkan gula ke dalam minuman tersebut.

8. Rutin berolahraga

Selain menjaga asupan makanan untuk mengurangi kalori, berolahraga secara rutin juga perlu dilakukan. Sebab, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat hilang melalui diet. Menariknya lagi, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh.

Hal lain yang perlu dilakukan

Ada hal lain yang juga kamu perlu lakukan agar diet dapat berjalan secara efektif, salah satunya adalah minum lebih banyak air putih. Ini karena air putih dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, sekaligus membantu mengurangi asupan kalori cair.

Itulah beberapa cara diet cepat dan sehat untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, pastikan selama diet nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Maka, konsumsilah makanan sehat sekaligus suplemen kesehatan.

Ning S