blank
Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyerahkan bantuan 100 unit alat tangkap kepiting kepada warga Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jumat (12/5/2023). Foto: Humas

CILACAP (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyerahkan bantuan 100 unit alat tangkap kepiting kepada warga Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jumat (12/5/2023). Bantuan tersebut diserahkan wagub secara langsung di Masjid Abdulloh Assindi Panikel.

Dalam sambutannya, wagub mengajak, warga Panikel untuk semakin meningkatkan perekonomian desa. Salah satu langkahnya, dengan meningkatkan nilai komoditas Kepiting di desa tersebut. Ia tidak ingin masyarakat hanya menggantungkan diri pada hasil tangkapan saja. Menurutnya, jika dapat mengolah hasil tangkapan semakin bernilai, diharapkan perekonomian bisa meningkat

“Harus ada kesadaran dari masyarakat sendiri bagaimana untuk meningkatkan itu, mungkin nanti juga akan ada pelatihan-pelatihan UMKM, bagaimana mengolah kepiting dikemas bagaimana supaya bisa dijual ada nilai harga yang baik,” kata Taj Yasin.

Taj Yasin menambahkan, pemerintah selalu berupaya mendorong kesejahteraan masyarakat. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pemkab Cilacap agar muncul solusi untuk peningkatan sumber daya manusia.

Selain itu, persoalan infrastruktur juga menjadi perhatian wagub. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi sangat ditopang dengan akses jalan. Sehingga, hal ini patut menjadi perhatian bersama antara pemerintah desa, kabupaten dan provinsi.

“Coba kita diskusikan nanti kita catat. Kita diskusikan mana (jalan)yang ditangani kabupaten, mana (jalan) yang ditangani provinsi,” imbuhnya.

Selain menyerahkan 100 unit bintur, wagub menyerahkan 50 paket sembako kepada masyarakat. Wagub berharap, sembako tersebut bisa membantu warga yang sangat membutuhkan.

Sebelum menyerahkan bantuan, wagub menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Abdulloh Assindi Panikel. Oleh warga, wagub diminta menjadi khatib untuk memberikan ceramah.

Hery Priyono