blank
Pengurus PMI Kebumen bersama Wakil Ketua PMI Jateng Edi Susanto di Pendopo Kabumian, Kamis 11/5.(Foto:SB/Humas PMI Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)- Sabar Irianto kembali terpilih sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen periode 2023-2028.

Ia terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI ke-10 yang berlangsung di Pendopo Kabumian, Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (11/5).

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Edi Susanto, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, dan PMI kecamatan se-Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen dalam sambutannya menyampaikan adanya Muskab ini menandakan organisasi PMI berjalan sehat. Ia pun menyampaikan selamat kepada Sabar Irianto yang telah terpilih kembali sebagai Ketua PMI dua priode.”Saya ucapkan selamat kepada Bapak Sabar yang terpilih kembali sebagai Ketua PMI,”tuturnya.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyano memberi sambutan pada Muskab PMI, Kamis 11/5.(Foto:SB/Humas PMI Kebumen)

Ia sendiri melihat kinerja PMI Kebumen sudah cukup bagus. Selalu siapa siaga dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat.“PMI Kebumen Alhamdulillah kiprahnya yang saya tahu dan saya dengar, terutama pada saat terjadi pandemi sangat luar biasa. Contoh dalam hal pemenuhan kebutuhan darah, juga kegiatan kemanusiaan lainnya seperti kebencanaan, termasuk pembenahan infrastruktur di markas PMI Kebumen,”ujar Arif Sugyanto.

Wakil Ketua PMI Jawa Tengah Edi Susanto mengapresiasi Muskab yang diadakan PMI Kabupaten Kebumen. Hal ini menunjukkan bukti kedisiplinan organisasi. Di mana jika tidak dilakukan, maka akan terjadi vacuum.

“Hakikatnya musyawarah adalah tugas besar di mana kesempatan ini untuk melaporkan berapa yang diterima dan berapa yang dibelanjakan, dan program apa saja yang sudah dilakukan. Ini juga bentuk laporan dan merencanakan program untuk 5 tahun ke depan,”ujar Edi.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto menyampaikan program maupun kinerja yang telah dilaksanakan semasa kepemimpinannya di periode 2018-2023. Di antaranya perolehan bulan dana setiap tahun meningkat, dengan perolehan terakhir tahun 2022 mencapai Rp 1.502.597.927.

“Bulan dana yang kita dapatkan dari kecamatan, kita kembalikan ke PMI kecamatan dan kita buktikan kemarin waktu lebaran, setiap kecamatan mendirikan posko mudik lebaran,”ucap Sabar.

Sabar juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Ia mengajak kepada semua pegawai dan sukarelawan untuk turus memajukan PMI Kebumen dengan memperbaiki pelayanan, atau responsif dalam membantu masyarakat di bidang kemanusiaan.

Komper Wardopo