blank
Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani menyerahkan tanda terima penerimaan berkas pendaftaran Bacaleg  kepada Ketua DPC Partai Demokrat setempat  One Krisnata, Jumat (12/5). Foto: Bagus Adji

KLATEN (SUARABARU.ID) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Klaten mendaftarkan puluhan kader sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Sebanyak 50 kader didampingi pengurus diantar Ketua DPC Partai Demokrat  Klaten  One Krisnata  berjalan kaki sejauh 1.500 meter ke kantor KPU setempat, Jumat (12/5/2025).

Pantauan Suarabaru.Id mengungkapkan, kedatangan bakal calon legislatif  Partai Demokrat Klaten disambut Ketua KPU Kartika Sari Handayani bersama komisioner di kantor setempat  pukul 09.00 WIB.

Dalam pertemuan, Ketua DPC Partai Demokrat Klaten Klaten One Krisnata  menyampaikan maksud kedatangan dan ditindaklanjuti  penyerahan berkas persyaratan pendaftaran bacaleg. Berkas yang ada langsung dila verifikasi oleh petugas , dan beberapa waktu kemudian  Ketua KPU Kartika Sari Handayani menyerahkan tanda terima pendaftaran  kepada Ketua DPC Partai Demokrat Klaten Klaten One Krisnata.

Ketua DPC Demokrat Klaten One Krisnata dalam keterangan pers mengatakan, mengantar 50 kader mendaftar sebagai bacaleg. Mereka yang didaftarkan sebanyak 50 orang dan berasal dari lima Dapil di Klaten.

Seluruh berkas pendaftaran telah terverifikasi dengan keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen. Pendaftar Bacaleg banyak dari kaum milineal sesuai pesan Ketua Umum Partai Demokrat. Tujuan merangkul kaum milineal yakni mempersiapkan mereka dengan memberikan kesempatan dan peluang untuk bisa menjadi dewan di Klaten

DPC Partai Demokrat Klaten mentargetkan peroleh setidaknya tujuh kursi di DPRD dari yang selama ini tiga kursi. Usia Caleg paling mudah  yakni 21 tahun. ”Saya sendiri maju ke  DPR-RI dan ibu Riana maju ke DPR Provinsi . Saya di Dapil V dan ibu Riana di Dapil 7 provinsi. Mudah mudahan upaya ini didukung  warga Klaten., Masak di DPR RI tidak ada caleg dari Klaten . dPadahal disini  ada 800 ribu suara,” ungkap One Krisnata.

Masih dalam kesempatan sama Ketua KPU Klaten  Kartika Sari Handayani menjelaskan  hingga hari ke 12 tercatat tiga parpol telah mendaftarkan Kadernya menjadi Bacaleg ke KPU. Ketiganya yakni  PDI Perjuangan, Nasdem dan hari ini Partai Demokrat.

“Pendaftaran yang dilakukan Partai Demokrat hari ini berkasnya sudah diverifikasi dan dinyatakan lengkap. Karena itu pada saat sama juga diserahkan tanda terima.  Partai yang akan melakukan pendaftaran hari ini sebagaimana telah terkonfirmasi yakni PAN dan PKS,” jelasnya.

Bagus Adji