blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (ketiga dari kiri) menerima pengukuhan dari Tim ADWI pimpinan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua (kiri), tentang Sendang di Donorojo, Pacitan, Jatim, masuk dalam nominasi Desa Wisata terbaik tingkat nasional.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Desa Sendang di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jatim, masuk nominasi desa wisata terbaik tingkat nasional. Yakni lolos dalam 75 besar desa wisata terbaik di Tanah Air, yang dilakukan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RepubIik Indonesia (RI).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, terkait hal tersebut berpeluang menerima Anugerah Desa Wisata  Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Atas capaian tersebut, Desa Wisata Sendang dengan pesona keindahan wisata baharinya di Pantai Ngiroboyo, Rabu (10/5), mendapatkan visitasi dari Kemenparekraf RI. Visitasi dilakukan oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua, bersama Dewan Juri ADWI 2023 Adie Darmawan dan Sugeng Handoko.

Kehadiran Tim Visitasi disambut langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di objek wisata bahari Laut Selatan Pesona Pantai Ngiroboyo, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Menurut Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua, keputusan Desa Sendang untuk menjadikan pariwisata sebagai tematik pembangunan, dinilai merupakan sebuah langkah besar. ”Capaian ini, harus dijaga karena sudah melalui proses yang panjang,” tandasnya.

Luar Biasa

Menurut Indra Ni Tua, yang harus ditonjolkan pada Desa Wisata Sendang adalah alamnya yang luar biasa. Juga oleh adanya potensi budaya, event yang berulang sejak Tahun 2012. ”Dan itu yang jadi triger Desa Sendang dalam membangun wisatanya,” tegasnya.

Keberhasilan Desa Wisata Sendang mengembangkan potensi pariwisata tersebut, bukan sesuatu yang instan. Namun, merupakan buah kerja keras serta perjuangan yang panjang. Yakni sejak dibuka dan dikelola oleh pemerintah desa setempat Tahun 2012 silam, Pantai Ngiroboyo terus berbenah.

Hasilnya, Tahun 2021 Sedang sebagai desa wisata laut selatan, masuk dalam 300 besar ADWI, dan kemudian pada Tahun 2022 peringkatnya naik menjadi 100 besar di Tanah Air.

”Sejak awal pengelolaan, kami terus berbenah dan mengembangkan Pantai Ngiroboyo ini terutama untuk memenuhi 5 kategori penilaian ADWI,” terang Wildan Nur Swi Harmoko Direktur Bumdes Subur Makmur yang dipercaya mengelola obyek wisata Pantai Ngiroboyo.

Menurut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, capaian Desa Sendang masuk 75 besar desa wisata terbaik di Tanah Air, merupakan hasil perjuangan perjalanan satu tahun terakhir. Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), berharap, dengan prestasi ini Desa Sendang dengan potensi wisatanya semakin mendunia serta bisa  membangkitkan perekonomian masyarakat.

Bambang Pur