blank
Ilustrasi sakit perut (terasa mulas terus). Foto: Dok/Pngtree

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu sering merasakan sakit perut, perut terasa mulas dan terasa ingin BAB terus, namun setelah BAB masih terasa mulas? Apa penyebabnya?

Melansir dari Alodokter (dr. Muliani Sukirman), mulas atau sakit perut seperti yang kamu alami umumnya disebabkan oleh adanya gangguan pada saluran pencernaan.

Kondisi medis seperti gastroenteritis (peradangan usus atau lambung akibat infeksi virus atau bakteri), sindrom iritasi usus, konstipasi, ataupun radang usus dapat menyebabkan timbulnya sakit perut.

Selain itu sakit perut dapat pula akibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab yang lain seperti masalah pada saluran kemih, yakni infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, batu ginjal, kelainan pada organ reproduksi: kista ovarium, endometriosis, radang panggul dan lsinnya.

Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan menganjurkan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes feses, tes darah, USG dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan untuk kamu.

Jika kamu mengalami mulas yang terus menerus, ini anjuran dokter yang bisa kamu lakukan.
1. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan beristirahat cukup untuk menjaga daya tahan tubuh

2. Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berlemak, atau menimbulkan gas

3. Minum cukup air putih

4. Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi

5. Mencuci tangan sebelum makan/menyiapkan makan dan setelah ke toilet

6. Meminimalisir stres

Itu tadi penyebab perut kamu sakit dan mulas terus menerus terasa ingin BAB, dan anjuran dokter yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Ning S