blank
TURUN - Komoditas cabai merupakan salah satu komoditas yang mengalami penurunan harga pasca lebaran. (foto: istimewa)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di pasaran yang ada di Kota Pekalongan pasca lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi kini berangsur menunjukkan penurunan harga. Adapun komoditas kepokmas yang mengalami penurunan harga pasca lebaran ini di antaranya cabai, tomat, daging ayam, dan telur.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan, Budiyanto melalui Kepala Bidang Perdagangan, Junaenah saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Junaenah menyebutkan, untuk komoditas jenis cabai harganya semua turun, seperti harga cabai merah dan cabai rawit yang saat ini di angka Rp25 ribu-Rp30 ribu/kg, dibandingkan harga menjelang lebaran dan Syawalan di angka Rp35 ribu-Rp40 ribu/kg.

“Harga tomat juga sudah turun sekarang di angka Rp10 ribu sampai 12 ribu per kilogramnya dibandingkan saat menjelang lebaran sampai Syawalan kemarin mencapai Rp 20 ribuan,” terang Junaenah.

Junaenah menjelaskan, untuk daging ayam di pasaran juga mengalami penurunan harga dari Rp40 ribu/kg saat menjelang lebaran sampai syawalan, pasca lebaran kini turun rat-rata dijual Rp36 ribu-37 ribu/kg. Hal serupa juga terjadi pada komoditi telur yang semula Rp28 ribu/kg saat menjelang lebaran sekarang sudah turun di angka Rp26 ribu/kg.

“Sementara, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti bawang merah dan bawang bombay. Dibandingkan kondisi menjelang lebaran kemarin dan saat ini harganya naik, sebelumnya bawang merah Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram, pasca lebaran dijual kisaran Rp45 sampai Rp50 ribu. Untuk bawang bombay juga sama sekarang diantara kisaran Rp40 ribu sampai 45 ribu, padahal kondisi sebelum lebaran harganya rata-rata Rp 25 ribu sampai 30 ribu,” ungkapnya.

Lanjut Junaenah menambahkan, meski beberapa komoditas ada yang naik dan turun harganya, ada juga sejumlah komoditas yang harga saat lebaran dan pasca lebaran ini tetap stabil seperti minyak goreng, kedelai impor, dan beras.

“Beberapa komoditas yang masih stabil harganya seperti minyak goreng, dimana minyak goreng curah dijual Rp13.500-14 ribu, minyak kemasan minyakkita Rp15 ribu, kedelai impor tetap stabil di harga Rp11 ribu, begitu juga harga beras masih di angka yang sama saat menjelang lebaran maupun pasca lebaran ini. Untuk harga beras premium masih di angka Rp13 ribu, dan beras medium Rp12 ribu,” paparnya.

Junaenah menilai, sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga pasca lebaran ini disebabkan beberapa faktor di antaranya tingkat permintaan masyarakat kembali normal terhadap kebutuhan pokok dibandingkan menjelang lebaran seiring banyaknya pemudik pulang kampung sehingga menambah permintaan sembako untuk menjamu tamu dan para sanak saudaranya saat lebaran.

“Setelah lebaran ini karena permintaan sudah normal harga kembali ke semula, dari sisi petani juga sudah mulai panen dan berkegiatan bercocok tanam sehingga pasokan melimpah dan harga bisa turun,” pungkasnya.

Nur Muktiadi