blank

SUARABARU.ID Semarang sejak dahulu kala dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan di pulau Jawa. Semarang juga dikenal sebagai ibu kota Jawa Tengah yang memiliki banyak objek wisata bersejarah. Objek wisata tersebut antara lain Kota Lama, Lawang Sewu, Sampokong dan lainnya.

Daya tarik Kota Semarang lainnya yakni memiliki kuliner khas. Kuliner tersebut antara lain Soto Semarang, Tahu Gimbal, Babat Gongso, Mie Kopyok, Tahu Petis, Sego Koyor, dan juga Wingko Babad.

Selain dikenal sebagai ibu kota provinsi, pusat wisata dan pusat kuliner Semarang juga dikenal sebagai pusat pendidikan. Semarang memiliki banyak universitas berprestasi bagus di level nasional dan internasional.

Dilansir dari edurank.org Semarang memiliki total lima kampus favorit yang berhasil masuk jajaran peringkat top 100 nasional versi EduRank 2023. Realitas tersebut bisa menjadi salah satu referensi bagi para pelajar SMA sederajat ketika akan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Lima perguruan tinggi tersebut yakni Undip (PTN), Unnes (PTN), Unissula (PTS), Udinus (PTS), dan Unika (PTS).

Dari data tersebut dapat disimpulkan Undip menempati ranking terbaik diantara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Semarang. Sedangkan Unissula menempati rangking PTS terbaik se Kota Semarang.

Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono menyebut ada tiga kriteria yang dipakai oleh Edurank dalam pemeringkatan tersebut. “Kriterianya ada tiga 45% research performansi, 45% non academic prominance, dan 10% alumni score,” ungkapnya.

Selain unggul dari segi perankingan dunia Unissula yang didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung tahun 1962 memiliki pengalaman mumpuni dalam memberikan layanan pendidikan tinggi untuk membentuk generasi terbaik (khaira ummah). Unissula sudah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan tinggi selama 61 tahun sehingga kwalitasnya sangat terpercaya.

Unissula memiliki banyak keunggulan antara lain telah terakreditasi institusi dengan peringkat unggul. Kampus berbasis Islam yang menggunakan strategi Budaya Akademik Islami dalam proses pendidikannya yang menggabungkan sains dan ilmu agama. Kampus yang menerapkan nilai nilai birrul walidain (berbakti pada kedua orang tua). Kampus yang mengkedepankan qolbun salim (hati yang bersih).

Unissula yang berdiri di lahan terintegrasi seluas 40 Hektar di Jalan Raya Kaligawe KM 4 Semarang tersebut juga memiliki kerjasama internasional dengan 56 universitas terbaik di luar negeri. Banyak manfaat dari kerjasama internasional tersebut. Manfaatnya antara lain setiap tahunnya mahasiswa Unissula bisa mengikuti dual program ke Kyungdong University dan Myongji College Korea Selatan, Rotterdam University Applied Sciences Belanda, UITM dan IIUM Malaysia serta berbagai universitas lainnya.

Saat ini Unissula masih membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024. Calon mahasiswa baru cukup mendaptar secara online lewat laman pmb.unissula.ac.id.

Selain lima universitas yang berhasil masuk top 100 nasional juga ada sembilan universitas lainnya yang masuk daftar Edurank.  Berikut daftarnya.

  1. Undip (PTN), peringkat nasional: 6 peringkat Asia: 285
  2. Unnes (PTN) peringkat nasional: 11 peringkat Asia: 457
  3. Unissula (PTS) peringkat nasional: 71 peringkat Asia: 1.466
  4. Udinus (PTS) peringkat nasional: 76 peringkat Asia: 1.547
  5. Unika Soegijapranata (PTS) peringkat nasional: 83 peringkat Asia: 1.751
  6. Upgris (PTS) peringkat nasional: 111 peringkat Asia: 2.374
  7. USM (PTS) peringkat nasional: 172 peringkat Asia: 3.278
  8. UIN Walisongo (PTN) peringkat nasional: 191 peringkat Asia: 3.407
  9. Unimus (PTS) peringkat nasional: 197 peringkat Asia: 3.460
  10. Unwahas (PTS) peringkat nasional: 243 peringkat Asia: 3.928
  11. Untag (PTS) peringkat nasional: 262 peringkat Asia: 4.089
  12. Unisbank (PTS) peringkat nasional: 306 peringkat Asia: 4.426
  13. Unpand (PTS) peringkat nasional: 391 peringkat Asia: 5.006
  14. Unaki (PTS) peringkat nasional: 410 peringkat Asia: 5.110