blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik tiga kades hasil Pilkades PAW di Desa Jatipecaron, Desa Katekan dan Desa Sarirejo di Pendapa Kabupaten Grobogan, Rabu 3 Mei 2023. Foto: Stiadi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik tiga kepala desa antarwaktu di Pendapa Kabupaten Grobogan, Rabu 3 Mei 2023.

Ketiga kades yang dilantik adalah Rosyid sebagai Kades Jatipecaron, Kecamatan Gubug, kemudian Zinar Ismail dilantik menjadi Kades Katekan, Kecamatan Brati dan Agus Alim dilantik menjadi Kades Sarirejo, Kecamatan Ngaringan.

Zinar Ismail dilantik menjadi Kades Katekan dan Agus Alim sebagai Kades Sarirejo menggantikan pejabat lama yang meninggal dunia.

Sedangkan Rosyid resmi dilantik sebagai Kepala Desa atau Kades Jatipecaron, Kecamatan Gubug, menggantikan pejabat Kades Jatipecaron sebelumnya, Subkhan Eko Sayogo yang tersandung kasus korupsi.

Pelantikan ketiga kades oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni dihadiri Ketua DPRD Grobogan, Agus Siswanto, Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan, dari kejaksaan, kodim, dan Dispermades.

Korupsi

Terkait Kades Jatipecaron Subkhan Eko Sayogo yang diberhentikan setelah divonis empat tahun penjara, denda Rp 200 juta dan subsidair pidana kurungan selama empat bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang pada Oktober 2022.

Seperti diketahui, Subkan Eko Sayogo menjadi terdakwa kasus tindak pidana korupsi pengelolaan keuangan pemerintahan Desa Jatipecaron tahun anggaran 2019-2021.

Atas perbuatan Subkan Eko Sayogo selaku Kades Jatipecaron, Kecamatan Gubug, ada kerugian negara sebesar Rp437.184.086.

Bupati Sri Sumarni berpesan kepada kades yang baru dilantik agar meneruskan pembangunan kades sebelumnya. Kemudian harus bisa merangkul mereka yang tidak memilih, karena semua rakyatnya.

“Harus menjalin komunikasi yang baik dengan Camat, Kapolsek dan Danramil. Terima masukan dari masyarakat, melayani masyarakat karena saat ini masyarakat sudah cerdas,” tegas Bupati.

Tya Wiedya