Prajurit TNI di jajaran Kodim 0728 Wonogiri, mengikuti apel siaga satu dalam kaitannya dengan May Day Tanggal 1 Mei 2023 sebagai peringatan Hari Buruh.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Seluruh prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri, Senin (1/5), melakukan siaga satu dalam kaitan peringatan Hari Buruh atau May Day Taggal 1 Mei 2023.

Sebagaimana diketahui, Hari Buruh yang merupakan hari libur tahunan, berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Berkaitan itu, jajaran TNI Kodim 0728 Wonogiri, Senin (1/5), menggelar apel siaga bertempat di halaman Makodim 0728/Wonogiri.
Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, apel dipimpin Pasiops Kodim 0728/Wonogiri yang diwaliki Perwira Siaga Kapten (Arm) Yadiman dan dihadiri oleh seluruh anggota Makodim 0728/Wonogiri.

Dalam arahannya, Kapten (Arm) Yadiman, menyampaikan bahwa dalam rangka hari buruh Internasional, kepada seluruh personel untuk bersiaga. Dalam hal ini jajaran TNi melaksanakan siaga 1 (satu) untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day). ”Kita memonitoring setiap perkembangan apabila terjadi unjuk rasa di wilayah kita,” tandasnya.

Mengingat peringatan May Day ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia bahkan Internasional, maka masing-masing satuan wilayah melaksanakan kesiapsiagaan pasukan, guna mengecek kesiapan dalam mengamankan kemungkinan ada kemunculan aksi unjuk rasa.

Kepada seluruh peserta apel, ditegaskan untuk melaksanakan tugas dengan profesional, penuh tanggung jawab, dan selalu berkoordinasi serta bersinergi satu dengan yang lain.

Setelah apel, seluruh personel melakukan stand by di Makodim untuk memonitor situasi. Tujuannya, apabila ada aksi unjuk rasa maka akan bergerak mengamankannya.

Bambang Pur