blank
Polisi memantau pengunjung Candi Borobudur, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pengamanan Idul Fitri 1444 H di sejumlah tempat wisata Kabupaten Magelang dilakukan oleh petugas dari Polresta Magelang. Seperti di Candi Borobudur.

Kapospam Borobudur Iptu H Endro Suryanto hari ini menjelaskan bahwa dalam masa ramai pengunjung wisata terus dilakukan pemantauan terhadap keamanan pengunjung. Itu untuk memastikan situasi kamtibmas aman dan kondusif.

“Bersama para petugas jaga Pos Pengamanan dan Pos Pengamanan Terpadu kami melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan roda dua dan patroli jalan kaki berkeliling di lokasi wisata Candi Borobudur,” katanya.

Dia yang mewakili Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono, selebihnya mengatakan, kegiatan patroli itu dilaksanakan juga untuk mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023. “Selain melaksanakan pengamanan, serta pengaturan lalu lintas, kami juga melakukan patroli di objek wisata kompleks Candi Borobudur,” jelas Iptu Endro.

Ditambahkan, personel Pos Pengamanan memaksimalkan tugas pelayanan berupa pengamanan di tempat wisata guna mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas. Khususnya adanya pelaku kejahatan yang akan memanfaatkan moment liburan untuk melancarkan aksi kejahatannya kepada para wisatawan.

Tak hanya itu, Kepolisian bekerja sama dengan pengelola tempat wisata juga memperbanyak rambu imbauan dan petunjuk pada spot atau area tertentu di lokasi wisata. Termasuk larangan untuk memanjat stupa atau arca candi. Itu untuk menghindari kerusakan cagar budaya dan kecelakaan para pengunjung.

Dari hasil pantauan hari Jumat (28/4) terlihat di lokasi wisata, wisatawan Candi Borobudur
sebanyak 6.317 orang. Dengan rincian wisnus 4.991, wisman 128, pengunjung khusus 1.198 orang. Sedangkan hari sebelumnya sebanyak 9.577 orang.

Kapospam dan pengelola wisata memprediksi, beberapa hari ke depan karena hari libur panjang, maka akan semakin ramai pengunjung Candi Borobudur.

Iptu Endro mengaku telah memerintahkan anggotanya yang terdiri dari para petugas gabungan untuk tetap aktif melaksanakan patroli dan pemantauan kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung Candi Borobudur di saat berlibur.

“Kami akan pastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung dengan meningkatkan patroli di dalam dan luar komplek wisata candi,” ujarnya.

Dia tambahkan pula, Kepolisian mengimbau agar masyarakat yang hendak menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata untuk memperhatikan kelayakan kendaraan termasuk kesiapan pengemudi. Juga memperhatikan para penumpang yang dibawanya. “Itu
untuk mengantisipasi potensi kecelakaan akibat rem blong atau sopir mengantuk, juga wisatawan yang tertinggal oleh rombongannya,” ungkapnya.

Eko Priyono