blank
Tim Unit Anjing Pelacak (K-9) dan BNNP melakukan pengecekan terhadap paket yang baru saja masuk ke warehouse JNE Yogyakarta. Foto: Dok JNE

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), Badan Narkotika Nasional (BNN) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar operasi P4GN.

Operasi P4GN yang merupakan hasil kerjasama BNN Provinsi DIY, Unit Anjing Pelacak (K-9) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta dan JNE Yogyakarta yang digelar Kamis (27/4/2023) di area warehouse JNE Yogyakarta, Jalan Gambiran, Umbulharjo, Yogya.

Dalam operasi tersebut tim unit anjing pelacak (K9) melakukan deteksi terhadap paket JNE yang baru saja inbound/masuk dari luar daerah Yogyakarta. Harapannya operasi ini menjadi tindakan pencegahan untuk menghindari dan mengurangi adanya peredaran narkotika, obat-obatan terlarang dan zat adiktif lainnya via ekspedisi.

Budi Hermawan selaku Ketua Tim Kerja Sie Penyidikan Bidang Pemberantasan BNNP yang memimpin operasi P4GN pada hari tersebut menyampaikan bahwa operasi dilakukan tak hanya di JNE namun juga beberapa lokasi lain salah satunya Stasiun Kereta Api Lempuyangan Yogyakarta.

“Giat ini merupakan salah satu bentuk tindakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah Yogyakarta khususnya dalam momentum lebaran kali ini,” ujar Budi.

Pihaknya juga merasa terbantu karena JNE Yogyakarta merupakan ekspedisi yang sangat kooperatif dalam membantu program-program BNN Provinsi DIY. Selain sering berkoordinasi dengan JNE dalam beberapa operasi JNE Yogyakarta juga telah melaksanakan sosialisasi mengenai bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkotika bagi karyawannya.