blank
Ilustrasi berbelanja. Foto: Dok/Unsplash/Freestocks

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Belanja online kini sudah menjadi kebiasaan dan pilihan utama sebagian besar masyarakat.

Ada berbagai macam barang yang bisa dibeli hanya dengan scroll-scroll toko dan membayar secara virtual. Kemudahan ini juga bisa jadi penyebab utama terjadinya pemborosan.

Tanpa disadari, prioritas yang ditentukan menjadi tidak beraturan hingga membuat uang kamu habis tak keruan.

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa prinsip sebelum belanja online yang wajib kamu tahu, simak!

1. Tujuan membeli

Ini adalah point utama dan harus banget kamu pertanyakan, apa tujuan kamu membeli barang tersebut? Apakah merupakan suatu kebutuhan yang mendesak? Apakah tidak masalah kalau kamu menunda membelinya?

Jangan sampai tujuan kamu membeli hanya sekedar ingin saja. Membeli sesuatu yang kamu inginkan adalah salah satu alasan terjadinya pemborosan. Ada waktunya kamu bisa membeli barang tersebut, tapi utamakan dulu yang lebih penting.

2. Bandingkan harga

Sebelum memutuskan belanja online, kamu harus membandingkan dulu antara harga di marketplace dengan harga jika membeli di outlet. Sebab, belanja online memiliki risiko kerusakan barang meskipun memiliki harga yang relatif murah.

Kamu juga harus perhatikan apakah harga yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang didapat.

3. Atur prioritas

Setelah menentukan tujuan membeli, waktunya kamu mengatur urutan barang. Kira-kira, mana hal yang harus kamu dahulukan sebelum membeli yang lain.

Selain menghemat, pengeluaran pun lebih teratur dan kamu bisa mengira-ngira berapa banyak sisa uang yang bisa kamu simpan nantinya.

4. Kualitas

Membeli barang yang murah tentu membuat pengeluaran kamu gak begitu banyak, tapi tetap utamakan juga kualitasnya.

Jangan sampai harga yang murah mempengaruhi kualitas yang nantinya, mau tidak mau kamu harus keluar lagi uang untuk biaya kerusakan. Lebih baik sekaligus lebih mahal tapi dijamin awet.

5. Kuantitas

Penting untuk menentukan seberapa banyak suatu barang kamu beli. Memang, membeli barang dalam jumlah besar juga upaya menghemat pengeluaran. Akan tetapi, kamu juga harus mengantisipasi kalau-kalau sesuatu yang dibeli ternyata melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Itu tadi tips yang harus kamu perhatikan sebelum berbelanja online. Semoga bermanfaat!

Ning S