blank
Ilustrasi makanan penurun kolesterol. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama dalam mengatur pola makan.

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Melansir dari Alodokter, tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol, yuk simak!

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam, arugula, dan kangkung, terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

3. Pisang
Kandungan zat inulin pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Hal ini membantu kamu untuk mengendalikan kadar kolesterol.

4. Oat
Oat yang terbuat dari gandum, mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta glucan di oat juga bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi.

5. Teh hitam
Teh hitam termasuk salah satu jenis minuman yang bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kandungan flavonoid pada teh hitam diketahui dapat membantu kinerja jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan risiko hipertensi.