blank
Sejumlah warga Desa Kagokan di Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, menyaksikan melalui streaming YouTube, saat Megawati menyampaikan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP. Foto: hpm

SUKOHARJO (SUARABARU.ID)– Sebagai wujud syukur diusungnya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden yang diusung PDIP, puluhan warga Kagokan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, mengelar aksi cukur gundul dan doa bersama.

Hal ini mereka lakukan, sesaat setelah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDIP, di Batu Tulis, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023) siang.

Sebelum mengadakan aksi cukur gundul, ratusan warga di desa setempat, menggelar nonton bareng (nobar), Rapat DPP PDIP ke-140, yang juga disiarkan melalui YouTube streaming @PDIPerjuangan.

BACA JUGA: Kapolresta Bersama Dandim 0705/ Magelang Kunjungi Pos Pengamanan

Sedikitnya ada sekitar 100 orang laki-laki dan perempuan, berusia muda dan tua, mengikuti rangkaian acara ini.
Mereka langsung bersorak riang, saat Megawati menetapkan Ganjar sebagai capres dari PDIP.

”Kami bersyukur, hari ini Pak Ganjar diberikan mandat dari Ibu Mega, untuk menjadi Bacapres tahun 2024,” ujar perwakilan warga, Danu Prihantoro (28), warga Desa Kagokan.

Dia menuturkan, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang merakyat. Pemimpin yang rajin terjun untuk mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat. Dia berharap, kelak Ganjar terpilih menjadi Presiden Indonesia 2024.

BACA JUGA: Bupati Kebumen Imbau Warga Hemat Sampah Saat Mudik Lebaran

”Gundul itu kan bersih, jadi ini untuk mengawali. Bisa dikatakan sinerginya kembali lahir. Pak Ganjar adalah sosok yang rendah hati, merakyat, penuh senyum dan sangat kekeluargaan,” bebernya.

Sementara itu warga yang lain, Ipung (38), rela rambut gondrong yang sudah dia rawat selama tiga tahun dipangkas habis, setelah Ganjar ditetapkan sebagai bacapres.

”Saya punya keinginan gundul kalau Pak Ganjar maju sebagai presiden. Saya ngefans sama beliau. Saya berharap Pak Ganjar menjadi presiden yang merakyat,” bebernya.

Selain cukur gundul, mereka juga melakukan doa bersama anak yatim dan piatu. ”Sesuai acara umbul donga, kami bersyukur karena Bu Mega memberikan mandat kepada Pak Ganjar. Kami mendoakan yang terbaik,” ujarnya.

Riyan