JEPARA(SUARABARU.ID) – Dalam rangka Ramadan 1444 Hijriyah, SDN 9 Jambu, Kecamatan Mlonggo menggelar acara pesantren kilat. Kegiatan yang dilangsungkan sepanjang jam sekolah pada Senin (17/4/2023), mendapat sambutan antusias dari siswa dan seluruh warga sekolah.
Kepala SDN 9 Jambu Enny Nuryatie mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai upaya pembentukan karakter pada diri siswa. Selain itu, menjadi bagian dari Proyek Pembentukan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Selain pesantren kilat, kegiatan lain yang kami laksanakan selama Ramadan adalah membaca doa harian dan tadarus Al-Qur’an,” kata Enny.
Pesantren kilat dibuka dengan salat Duha di ruang kelas 4 dan kelas 5. Berikutnya tadarus Al-Qur’an dibimbing oleh guru kelas 6, Imroatun. Tadarus dilakukan oleh siswa dari kelas 6, Sinta, Hani, dan Zaskia pada juz 30.
“Selanjutnya siswa mendapat materi pengetahuan Islam dari para guru,” tambah Enny Nuryatie.
Materi terkait akhlakul karimah disampaikan oleh guru kelas 5 Farah Ika Ermila, praktik ibadah oleh Imroatun, dan materi zakat disampaikan guru Pendidikan Agama Islam Shinta Nuriel Z. (S)