blank
Warga desa Dermolo swadaya mengecor kerusakan jalan kabupaten yang melintasi desa Dermolo

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kepedulian warga desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara terhadap lingkungannya patut diapresiasi. Melihat kondisi jalan kabupaten yang melintasi desanya semakin hari semakin rusak dan membahayakan keselamatan warga, mereka sepakat untuk memperbaiki.

Mereka secara gotong royong dan swadaya memperbaiki jalan kabupaten yang melintasi desa mereka. Kegiatan pengecoran jalan kabupaten secara swadaya dilakukan mulai hari Sabtu, 15 April 2023 dan diharapkan bisa selesai sebelum lebaran.

blank
Jalan Kabupaten Jepara Dermolo-Balong yang telah di cor warga Dermolo

Menariknya, munculnya ide perbaikan jalan kabupaten yang melintasi desa Dermolo itu bermula dari obrolan di WA grup masyarakat Dermolo. Bermula dari postingan Hadi Marwanto, salah satu tokoh masyarakat desa Dermolo pada Jumat sore tanggal 14 April 2023. Ia memosting kondisi jalan yang rusak parah dan cenderung membahayakan. Ia kemudian mengusulkan untuk berswadaya, iuran untuk memperbaiki jalan tersebut.

blank
Carik Dermolo begitu antusias ikut proses pengecoran jalan

Dari postingan tersebut kemudian di respon sangat baik oleh Budi Suparyanto, Carik desa Dermolo) bahwa di desa ada sisa kris dan pasir, dan juga ada mesin molen milik Bumdes Dermolo yang bisa di gunakan untuk pelaksanaan pengecoran.

Dari obrolan tersebut kemudian bermunculan respon masyarakat yang setuju dengan usulan tersebut. Karena masyarakat banyak yang menyadari jika menunggu diperbaiki pemerintah kabupaten tidak jelas waktunya kapan.

blank

Dari obrolan itu kemudian muncul list warga yang ikut urunan semen dan uang untuk bahan pengecoran. Dalam waktu yang tidak begitu lama list daftar warga yang siap untuk donasi semen untuk pengecoran jalan sudah sangat banyak. Dari obrolan di grup WA tersebut disepakati Sabtu pagi dimulai proses pengecoran.

Proses pengecoran pada hari Sabtu dipimpin langsung oleh Carik Desa Dermolo. Ia terlihat sangat antusias mendampingi proses pengecoran jalan dari pagi sampai sore. Sementara itu list donasi dari masyarakat terus bertambah baik dari perorangan maupan atas nama kelompok masyarakat.

blank

Dari list donasi yang terus bertambah dimungkinkan kerusakan jalan Kabupaten yang melintasi desa Dermolo dari ujung Sebagor sampai dengan perbatasan desa Balong bisa teratasi semua. Carik Desa Dermolo mewakili pemerintah Desa Dermolo mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan partisipasi warga Dermolo dalam perbaikan jalan tersebut.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Pemda Jepara dalam rangka penambalan jalan Kabupaten Dermolo-Balong. Semoga amal panjenengan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Ternyata masyarakat Dermolo masih banyak yang peduli kepada lingkungannya” kata Pak Carik.

blank

Dari antusiasme warga dalam partisipasi pengecoran jalan Kabupaten Jepara tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Dermolo sangat peduli dengan kondisi lingkungannya. Dan masyarakat Dermolo juga tidak “nyagerke” pemerintah dalam pembangunan di desanya. Harapannya inisiatif yang dilakukan masyarakat Dermolo dapat mengispirasi masayarakat di wilayah lain untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di desanya.

Hadepe – Endri Susanto